Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Robot Penjelajah Ciptaan NASA Narsis di Mars

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 02 November 2012 09:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 11 02 56 712558 XVGeBey8Zb.jpg (Foto: Planetary)

CALIFORNIA - Curiosity, robot penjelajah buatan National Aeronautics and Space Administration (NASA) ini semakin populer setelah ia berhasil mendarat di Mars pada awal Agustus kemarin.

Robot canggih ini dibekali dengan peralatan serta kamera canggih beresolusi tinggi untuk mengabadikan pemandangan Mars, termasuk memfoto seluruh bagian tubuh robot Curiosity.

Dilansir Planetary, Jumat (2/11/2012), sebuah foto warna yang mengagumkan, yang diabadikan oleh kamera Curiosity, berlatar belakang bukit Gale Crater di Mars. Curiosity menggunakan kemampuan bidik kamera mutakhirnya yang disebut MAHLI. MAHLI merupakan kamera yang letaknya tepat di ujung lengan robot Curiosity.

Kamera canggih yang disematkan pada Curiosity ini biasanya digunakan untuk mengamati permukaan tanah dan batu di Mars. Melalui MAHLI, observasi permukaan tanah Mars ini bisa dilihat dengan tampilan resolusi mikroskopik

Selain itu, MAHLI juga bisa difokuskan untuk mengabadikan objek atau pemandangan Mars dari jarak tertentu. Tercatat foto Curiosity berlatar belakang pemandangan Mars ini diambil pada 31 Oktober 2012.

Seperti diketahui, Curiosity akan menghabiskan waktu sekira lebih dari sembilan bulan dan menempuh jarak sejauh 352 juta mil. Curiosity mempelajari lingkungan Mars untuk menemukan kehidupan bakteri atau mikroorganisme, serta mengungkap apakah kelak planet merah tersebut bisa dihuni oleh manusia.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini