Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teleskop NASA Temukan Galaksi Baru & Terjauh

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 16 November 2012 15:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 11 16 56 719196 gIOU1FTox8.jpg MACS0647-JD (Foto: Space)

CALIFORNIA - Astronom mengklaim telah menemukan galaksi terjauh yang ada di alam semesta. Galaksi yang belum diketahui identitasnya ini, berhasil ditemukan melalui kombinasi teleskop Hubble milik National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan teleskop luar angkasa Spitzer.

Menurut ilmuwan, seperti dilansir International Business Times, Jumat (16/11/2012), galaksi terjauh ini tampak seperti gumpalan yang sangat kecil, yang hanya sebagian kecil dari ukuran galaksi Bima Sakti kita. Objek ini juga memberikan wawasan baru terkait masa awal terbentuknya alam semesta, atau sekira 13,7 miliar tahun lalu.

Para ilmuwan mengatakan, galaksi yang baru ditemukan ini bernama MACS0647-JD. Galaksi ini kabarnya telah berusia sekira 420 juta tahun dan terbentuk setelah ledakan dahsyat (Big Bang).

Cahaya galaksi ini mampu menempuh perjalanan dengan 13,3 miliar tahun untuk mencapai bumi. Teleskop luar angkasa di optimalkan untuk dapat menemukan galaksi tersebut dan menetapkannya sebagai galaksi terjauh yang ada di alam semesta.

Cluster Lensing And Supernova Survey with Hubble (CLASH),  grup internasional yang dipimpin oleh Marc Postman dari Space Telescope Science Institute di Baltimore, menggunakan clusters galaksi masif sebagai teleskop kosmik untuk memperbesar galaksi tersebut.

Efek ini disebut gravitational lensing atau lensa gravitasi. Tanpa kekuatan perbesaran clusters, astronom tidak akan melihat galaksi baru tersebut. Karena lensa gravitasi, tim peneliti CLASH mampu mengamati tiga gambar terbesar dari MACS0647-JD dengan teleskop Hubble.

"Cluster ini melakukan apa yang tidak ada pada teleskop buatan manusia lainnya. Tanpa pembesaran, itu akan memerlukan upaya yang sulit untuk mengamati galaksi ini," jelas Postman.

NASA mengatakan, MACS0647-JD dengan luas kurang dari 600 tahun cahaya adalah sangat kecil. Kemungkinan galaksi ini sedang menjalankan langkah pertama untuk membentuk galaksi yang lebih besar.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini