Wanita Lumpuh Kendalikan Robot dengan Pikiran

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2012, 11:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 12 17 56 733501 NAwpNpPq82.jpg (Foto: Telegraph)

WASHINGTON - Seorang wanita yang menderita kelumpuhan, mendapatkan kesempatan untuk mengoperasikan lengan robot menggunakan pikirannya sendiri. Lengan robot canggih ini didesain dengan gerakan yang menyerupai anggota tubuh manusia normal.

Dilansir Telegraph, Selasa (18/12/2012), Jan Scheuermann, wanita yang didiagnosis mengidap kelainan otak sejak 13 tahun lalu, mendapatkan kegembiraan setelah sepekan berlatih yang melibatkan dirinya dengan lengan robot mutakhir. Latihan ini terdiri dari beberapa tugas seperti menggenggam serta menggerakan objek kecil.

Para ahli mengatakan, wanita berusia 52 tahun ini dapat mengoperasikan lengan robot dengan tingkat kontrol dan kelincahan yang belum pernah dilihat sebelumnya di teknologi robot sejenis. Andrew Schwartz, profesor Neurobiology di Pittsburgh University mengungkap bahwa Jan mampu mempelajari lengan robot itu dengan cepat.

"Kami terkejut betapa cepatnya dia mampu memperoleh keahliannya, yang benar-benar tak terduga. Ketika dia melakukan gerakan indah (pada lengan robot tersebut), dia sangat gembira," jelasnya.

Teknologi lengan robot ini merupakan langkah maju yang luar biasa untuk perangkat prostetik yang dikontrol langsung oleh otak. Sementara itu, sistem lain telah memungkinkan bagi pasien lumpuh untuk mengetik atau menulis dengan cara berpikir tentang surat yang diinginkannya.

Bulan lalu, peneliti di Swiss menggunakan implan elektroda langsung di retina untuk dapat membuat pasien buta mampu membaca. Pengembangan antarmuka mesin-otak bergerak dengan cepat.

Ilmuwan memprediksi bahwa teknologi mampu dimanfaatkan untuk melewati kerusakan syaraf dan membangkitkan kembali otot seseorang yang lumpuh. Sistem robot ini juga bisa dipadukan dengan robot exoskeletons, yang memungkinkan paraplegics dan quadraplegics untuk berjalan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini