Ilmuwan Mampu Modifikasi DNA Melalui Bakteri

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 09 Januari 2013 17:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 01 09 56 743729 S0pmwHRKH2.jpg Ilustrasi (Foto: Examiner)

CALIFORNIA - Kemajuan dalam ilmu komputer mendukung ilmuwan untuk menemukan cara mengubah DNA manusia menggunakan bakteri. Temuan ini tidak menutup kemungkinan bahwa manusia masa depan, bisa memiliki kemampuan "luar biasa" terkait sistem daya tahan tubuh maupun penyembuhan di bidang kedokteran.

Dilansir Examiner, Rabu (9/1/2013), perkembangan dalam bidang ilmu komputer, menciptakan inovasi baru dalam bidang teknologi di hampir setiap disiplin ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi ini pada akhirnya mampu mendukung para peneliti untuk melakukan terobosan-terobosan baru, termasuk dalam bidang biologi serta kesehatan.

Mekanisme yang digunakan, terkait dengan sistem pertahanan bakterial yang menggunakan enzim untuk membuat perubahan pada sel DNA. Peneliti kemudian memprogram kembali enzim ini dan melakukan pengujian pada DNA mamalia.

Peneliti membandingkan sistem bakterial bernama CRISPR, dan secara acak memasukan gen yang telah dimodifikasi. Peneliti menemukan bahwa sistem bakterial menunjukkan hasil yang lebih baik secara signifikan.

Meskipun ini masih diaplikasikan dalam kapasitas yang terbatas. Namun, ini merupakan langkah penting dalam memanfaatkan kemampuan untuk mengubah DNA.

Website Ars Technica yang melaporkan temuan ini mengatakan, temuan ini bisa bermanfaat untuk mendukung studi mutasi pada gen dengan struktur protein lebih alami. Tentu saja ini masih menjadi penelitian jangka panjang, yang diharapkan dapat digunakan untuk pengobatan pada gangguan genetik.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini