Fosil Dinosaurus Baru Berusia 68 Juta Tahun

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 06 Februari 2013 06:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 02 05 56 757142 bfpu7sooHB.jpg Ilustrasi Azhdarchid (Foto: Galaxiasyfosiles)

CALIFORNIA - Peneliti mengidentifikasi fosil tulang yang diyakini merupakan fosil dinosaurus jenis baru. Ditemukan di situs Transylvanian Basin Romania, fosil berusia 68 juta tahun lalu ini menunjukkan spesies reptil terbang purba baru, bernama Eurazhdarcho langendorfensis.

Dilansir Tgdaily, Selasa (5/2/2013), spesies dinosaurus baru ini dipercaya merupakan bagian dari grup pterosaurus bernama azhdarchids. Hewan purba ini berleher panjang, berparuh panjang serta memiliki sayap kuat yang diadaptasi untuk meluncur di angkasa.

Beberapa fitur dari tulang sayap dan tungkai belakang mereka menunjukkan bahwa mereka bisa melipat sayapny. Selain itu, dinosaurus ini juga bisa berjalan dengan posisi merangkak ketika diperlukan.

"Dengan lebar sayap tiga meter, Eurazhdarcho akan menjadi besar, tetapi tidak raksasa," kata Darren Naish, peneliti dari University of Southampton.

Ia mengatakan, dinosaurus spesies baru ini seperti dinosaurus lain yang ditemukan di Romania, yakni berukuran lebih kecil ketimbang kerabat mereka yang ditemukan di tempat lain. Penemuan ini merupakan fosil azhdarchid paling lengkap yang ditemukan di Eropa.

Penemuan ini juga dapat memberikan pencerahan baru bagi para peneliti, terkait perdebatan mereka pada perilaku dinosaurus tersebut. "Para ahli berpendapat selama bertahun-tahun atas gaya hidup dan perilaku azhdarchids," tutur Gareth Dyke dari National Oceanography Centre di Southampton.

Peneliti sebelumnya percaya bahwa azhdarchids mencengkeram mangsanya yang ada di air dan membawanya terbang. Selain itu, hewan masa lampau ini juga berkeliling di lahan basah dan berburu mirip burung bangau serta memasukkan paruhnya ke dalam lumpur untuk mencari makanan.

"Salah satu ide terbaru ialah azhdarchids berjalan melewati hutan, dataran dan tempat-tempat lain untuk mencari mangsa hewan kecil," pungkasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini