Share

Modernisasi Jaringan, Indosat Targetkan 25 Ribu BTS 3G

Andina Librianty, Jurnalis · Senin 11 Februari 2013 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 11 54 760049 fLhXzYQ0zD.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Indosat menargetkan hingga akhir 2013, akan menggelar 25 ribu BTS 3G di frekuensi 900MHz dengan teknologi terkini yang merupakan bagian dari modernisasi jaringan perusahaan tersebut. Modernisasi jaringan ini, diklaim mengkonsumsi power lebih sedikit dan menghasilkan coverage jaringan yang lebih luas.

 

Untuk modernisasi jaringan, Indosat diketahui menggunakan teknologi Software Defined  Radio (SDR) yang bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. “Teknologi SDR ini bisa difungsikan BTS untuk 2G, 3G, dan LTE, yang membuat ini sangat secure untuk investasi jangka panjang. Sehingga kalau misalnya 2G habis, kita bisa tetap pakai,” kata Group Head Technology Planning Infrastructure Indosat, Yune Marketatmo, saat media sharing di i-Cafe Indosat, Jakarta, Senin (11/2/2013).

 

“Targetnya 25 ribu BTS 3G untuk modernisasi jaringan tahun ini, saat ini di Jakarta baru ada 1.000 yang on air,” lanjutnya.

 

Sementara itu, 25 ribu BTS yang merupakan bagian dari modernisasi jaringan Indosat untuk tahun ini akan tersebar di wilayah Jawa dan Bali. Sayangnya, Yune enggan merinci jumlah BTS generasi terbaru yang akan terpasang di masing-masing wilayah.

 

Adapun untuk modernisasi jaringan itu, Indosat diketahui akan menggunakan capital expenditure (capex) atau belanja modal 2013 mencapai USD800 juta. Group Head Quality & Surveillance CTO Directorate Indosat Mirza Helmi, menuturkan bahwa modernisasi jaringan dengan coverage lebih luas, juga akan menguntungkan penggunaan jaringan 3G di dalam ruangan.

 

“Selain coverage yang lebih luas, penggunaan SDR akan mempermudah kita untuk melakukan pengaturan frekuensi menggunakan software. Bisa disebut, BTS sekarang by software,” jelasnya.

 

Sementara itu, kata Mirza, untuk di frekuensi 900 MHz Indosat memiliki lebar pita 10MHz yang dibagi menjadi dua yaitu untuk 3G dan GSM (2G).

(adl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini