Share

Teleskop Hubble Tangkap Objek Galaksi Unik

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 19 Februari 2013 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 02 19 56 764032 410fatNAVX.jpg (Foto: Phys)

CALIFORNIA - Teleskop luar angkasa Hubble baru-baru ini menangkap objek sepasang galaksi unik yang membentuk huruf V. Dua objek galaksi yang berbeda ini dikenal dengan nama IC 2184.

Dilansir Phys, Selasa (19/2/2013), kedua ujung galaksi ini tampak saling bersentuhan dan berada di konstelasi Camelopardaslis utara. Galaksi ini juga menampilkan garis-garis cahaya yang dikelilingi oleh objek redup di bagian ekor.

Ekor galaksi ini terlihat tipis. Selain itu, terdapat aliran gas memanjang, debu dan bintang yang melebar dari galaksi ke luar angkasa. Ini dapat terjadi ketika gravitasi galaksi berinteraksi satu sama lain.

Material galaksi ini tampak terpotong dari tepi luar di setiap tubuh galaksi. Kemudian, bagian dari galaksi ini melebar dalam arah yang berlawanan, membentuk dua ekor.

Galaksi ini selalu muncul dalam bentuknya yang melengkung. Sehingga, ketika galaksi ini terlihat relatif lurus, maka ini jelas bahwa teleskop Hubbel mengambil gambar tersebut dari bagian sisi atau samping.

Gambar ini juga memperlihatkan semburan objek biru cerah serta penentuan area panas, di mana awan gas bertabrakan membangkitkan pembentukan bintang yang kuat. Gambar terdiri dari pengamatan inframerah Wide Field dan Planetary Camera 2 yang ada pada Hubble.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini