Epson Optmis Rajai Pasar Printer Inkjet Indonesia

Andina Librianty, Jurnalis · Selasa 26 Februari 2013 11:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 02 26 57 767678 2K0WYZ28fQ.jpg foto: Andina/Okezone

BANDUNG - Menguasai 40 persen pangsa pasar printer inkjet per kuartal empat 2012, membuat Epson semakin optimis di awal kuartal tahun ini. Produsen printer yang berbasis di Jepang itu menunjukkan keyakinannya menjadi nomor satu di pasar printer inkjet Indonesia  pada 2013.

"Berdasarkan data IDC (International Data Coorporation) pada kuartal empat 2012, kami menguasai 40 persen pangsa pasar printer inkjet di Indonesia dan itu posisi kedua. Karena itu, tahun ini target kami adalah menjadi nomor satu," ungkap Deputy Country Manager PT Epson Indonesia M. Husni Nurdin, saat peluncuran jajaran printer inkjet terbaru Epson di Bandung, Senin (25/2/2013) sore.

40 persen pangsa pasar itu, kata Husni, berdasarkan dari revenue yang dihasilkan printer inkjet Epson. Jika pada 2012 ada sekira 2,2 juta printer terjual, maka tahun ini ia memprediksi jumlah itu akan meningkat menjadi 2,4 juta unit.

"Pasar inkjet di Indonesia pertumbuhannya mencapai 10 persen per tahun. Untuk tahun ini diprediksi akan ada 2,4 juta printer dari semua merek," tutur Husni.

Selanjutnya, Epson menargetkan akan menguasai 55 persen pangsa pasar printer inkjet pada kuatal pertama tahun ini. "Feeling saya, kami sudah jadi nomor satu, tapi karena hasilnya belum keluar jadi kita harus tunggu dulu. Saat ini, di Epson 95 persen printer merupakan inkjet dan laser hanya 5 persen," jelas Husnis.

"Dari total market inkjet, 60 hingga 70 persen itu sebenarnya ingin infus atau ink tank system, termasuk Indonesia dan negara-negara berkembang," lanjutnya.

Epson saat ini diketahui memiliki serangkaian printer inkjet ink tank system dan baru saja meluncurkan seri terbaru yakni L355, L550, M100, dan M200. Husni yakin keempat produk terbaru itu akan menyumbang sekira 10 hingga 15 persen dari total penjualan printer inkjet Epson.

Adapun untuk menjadi pemimpin di pasar printer inkjet, Epson akan terus menggulirkan serangkaian produk baru, sehingga bisa memenuhi semua segmen pasar yang ada. Terlebih lagi, Husni mengatakan bahwa solusi printer ink tank (sistem tangki tinta) atau biasa disebut sistem infus saat ini sedang  "mewabah" di masyarakat.

Strategi lainnya ialah menjalin hubungan yang lebih dekat ke pengguna dan mengedukasikan tentang keuntungan dari sistem tangki tinta yang diusung Epson pada printer inkjet.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini