Peneliti Temukan Perbedaan Cara Kerja Otak Perempuan dan Laki-laki

Ayunda W Savitri, Jurnalis · Senin 04 Maret 2013 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 03 04 56 770832 6BUekjdbnd.jpg ilustrasi

CALIFORNIA - Mereka yang selalu menjadikan lelucon tentang perempuan memiliki otak yang lebih kecil dibandingkan laki-laki, mungkin akan berhenti tertawa setelah mengetahui bahwa otak  perempuan dapat bekerja lebih efisien daripada laki-laki.

Dilansir softpedia, Senin, (4/3/2013) tim peneliti University of California dan beberapa universitas di Madrid, Spanyol menyatakan bahwa meskipun perempuan memiliki otak sekira delapan persen lebih kecil dibandingkan dengan laki-laki, namun mereka bisa melakukan berbagai tugas lebih cepat dan lebih baik.

Para ahli menyelidiki hal ini dan menjelaskan bahwa menurut penemuan mereka, hal ini dikarenakan neuron yang menyusun otak perempuan berkomunikasi lebih baik antara satu dengan lainnya, daripada neuron yang ditemukan di dalam otak laki-laki.

Karena itulah perempuan memiliki kemampuan menyelesaikan tugas yang diberikan tanpa harus melibatkan neuron dalam jumlah besar pada prosesnya.

Responden dalam penelitian ini berjumlah 90 orang yang terdiri dari 59 relawan perempuan dan sisanya 45 relawan laki-laki. Bagian otak yang diperhatikan secara khusus dalam tes ini adalah hippocampus, yang diyakini bertanggung jawab atas memori, kecerdasan, dan perilaku.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa pada perempuan semakin kecil hippocampus, maka semakin baik kerjanya. Ukuran struktur tidak selalu berkaitan dengan seberapa baik melakukan dan menyelesaikan tugasnya,” ujar peneliti dari Unversitas Cambridge Profesor Trevor Robbins.

Ia menambahkan, ukuran yang lebih kecil dapat mewakili kemasan sel saraf yang lebih intens atau sinyal yang lebih aktif pada perempuan, sehingga mereka dapat beroperasi lebih efisien dalam berbagai hal.

(amr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini