Studi: Orang Dewasa Lebih Sering SMS saat Mengemudi

Andina Librianty, Jurnalis · Sabtu 30 Maret 2013 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2013 03 30 57 783689 irfuz5hQBh.jpg Ilustrasi (Foto: Mashable)

CALIFORNIA - Studi perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat (AS), AT&T, mengungkapkan bahwa orang dewasa lebih sering mengetik SMS di ponsel dibandingkan remaja.

 

Dilansir dari Mashable, Sabtu (30/3/2013), survei yang melibatkan 1.011 responden terungkap bahwa 49 persen dari pengemudi dewasa kerap mengetik pesan saat berada di belakang kemudi. Sedangkan responden remaja hanya 43 persen yang mengaku mengetik pesan saat mengemudi.

 

Hasil lain dari survei itu mengungkapkan, 60 persen responden dewasa mengatakan bahwa tiga tahun lalu mereka tidak pernah mengetik pesan saat mengemudi. Selain itu, 98 persen orang dewasa mengatkan mereka tahu bagwa mengetik SMS atau email saat mengemudi tidak aman.

 

Ditanya alasan mengetik pesan saat mengemudi, 43 persen dari semua responden mengatakan bahwa hal itu adalah kebiasaan, 22 persen karena tetap ingin terhubung, dan 18 persen berasalan merasa lebih produktif.

 

Studi tentang bahaya mengemudi sambil mengetik pesan telah dilakukan puluhan kali. Dari berbagai studi itu, National Trafiic Safety Administration (NHTSA) menyimpulkan bahwa mengetik pesan saat mengemudi enam kali lebih berbahaya daripada mengemudi saat mabuk.

 

Masih dalam peneliti dari NHTSA, mengetik pesan hanya salah satu dari sekian hal yang mengganggu pikiran orang ketika sedang mengemudi.

(adl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini