Software Ini Bisa Identifikasi Spesies Laba-Laba

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 31 Maret 2013 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 03 31 325 783933 grXkdtx9ar.jpg Ilustrasi laba-laba (Foto: Wired)

CALIFORNIA - Peneliti telah merancang sebuah sistem perangkat lunak yang dapat menganalisis jaring laba-laba. Dengan demikian, pengguna software ini bisa mengetahui spesies laba-laba tertentu melalui proses pemindaian (scan).

Ketimbang untuk pengguna biasa, software ini dikembangkan untuk membantu para ilmuwan. Software dimanfaatkan agar para ahli bisa dengan cepat menentukan spesies hewan dengan empat pasang kaki tersebut.

Dilansir Theverge, Minggu (31/3/2013), sistem biometrik menggunakan database dari 150 foto jaring laba-laba yang sebelumnya telah ditemukan serta diabadikan dalam bentuk foto. Software ini juga didesain untuk dapat menginformasikan detail spesies laba-laba yang ingin identifikasi.

Bagian pusat dari jaring laba-laba, diketahui memiliki informasi yang paling utama. Kabarnya, sistem akan dapat mengidentifikasi spesies laba-laba dengan akurasi hingga 99,96 persen.

Tim pengembang sekaligus peneliti dari Universidad de Las Palmas de Gran Canaria di Spanyol menggunakan empat spesies hewan ini dalam studinya. Diharapkan software ini akan dikembangkan lebih lanjut dan dimanfaatkan untuk memantau keanekaragaman hayati pada spesies yang terancam punah.

(fmh)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini