Teknologi GPS Bantu Telusuri Anak Hilang

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 31 Maret 2013 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 03 31 57 784019 rfFlRVRWW8.jpg Ilustrasi perangkat GPS (Foto: Tradearabia)

MANAMA - Teknologi Global Positioning System (GPS) ternyata tidak hanya digunakan untuk melacak jalan atau lokasi gedung. Di Bahrain, teknologi ini dimanfaatkan untuk membantu orangtua menelusuri pergerakan buah hatinya.

Dengan demikian, orangtua tidak perlu merasa khawatir bila anaknya tersesat atau hilang. Teknologi GPS memungkinkan orangtua untuk selalu memantau keberadaan anak.

Dilansir Tradearabia, Minggu (31/3/2013), rencana sedang dilakukan untuk membawa teknologi GPS yang dipergunakan sebagai alat bantu melacak keberadaan anak-anak. Ali Venture International Holding Company yang berbasis di Manama dan grup investor dari Indian state of Kerala sepakat untuk mengembangkan perangkat canggih berbasis GPS.

Menurut Teluk Daily News, mereka akan memproduksi dan menjual perangkat tersebut di Bahrain. Perangkat akan ditujukan untuk orangtua dan sekolah, kemudian menyasar ke perusahaan serta pelanggan swasta.

GPS ini kabarnya akan dimanfaatkan oleh pihak sekolah melalui pemantauan guru untuk melacak anak-anak dari ruang kontrol yang terpusat. "Di masa depan, teknologi ini bisa diperluas untuk mencakup guru dan staf sekolah lainnya guna memaksimalkan efisiensi dan mengurangi pemborosan," tutur Ali Hassan, Kepala Ali Venture International Holding Company.

Ia mengatakan, teknologi ini tidak hanya dimanfaatkan untuk institusi atau perusahaan, tetapi juga individu. Hassan mengungkap, ia telah menerima banyak permintaan dari orang-orang yang tertarik untuk membeli perangkat GPS.

Perangkat GPS mutakhir tersebut bisa dikalungkan di leher seseorang. Selain itu, perangkat juga bisa berbentuk seperti kartu yang disimpan dalam dompet atau gelang sebagai penunjuk identitas.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini