Game Gratisan Masuk Investigasi OFT

Riyandi Andesma, Jurnalis · Jum'at 12 April 2013 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 12 326 790681 ynaR9lQTVx.jpg Ilustrasi game Real Racing (Foto: Pocket-lint)

LONDON - The Office of Fair Trading (OFT) saat ini sedang melakukan penyelidikan terkait keabsahan judul permainan gratis. Isu ini berkembang setelah cara pembelian aplikasi permainan memiliki skema serupa dengan tujuan memasarkan judul permainan untuk anak-anak.

"Sebagai bagian dari penyelidikan, OFT telah menulis surat kepada perusahaan yang menawarkan situs gratis atau aplikasi berbasis game, guna mencari informasi cara memasarkan judul permainan pada anak-anak," ujar seorang juru bicara OFT.

OFT mengharapkan hasil penyelidikan dapat menentukan apakah judul permainan dengan banderol gratis memiliki sistem pemasaran yang menyesatkan, agresif, atau tidak adil. Judul permainan Racing Real 3 merupakan game yang menimbulkan banyak kontroversi saat meluncur perdana.

Dikutip dari Pocketlint, Jumat (12/4/2013), hal ini dikarenakan mereka cukup agresif saat menampilkan skema pembelian aplikasi game pada perangkat. Akan tetapi, kita juga harus mengungkapkan bahwa selama satu bulan memiliki permainan ini, pemain masih belum mengeluarkan uang sepeserpun.

Sebagai informasi, seorang anak berusia lima tahun dikenai tagihan sekira EUR1.700 setelah memainkan sebuah judul permainan pada iPad. Melalui judul permainan tersebut Apple melakukan penarikan tagihan dari kartu kredit milik orang tuanya, hal ini menjelaskan model pembelian judul permainan merupakan salah satu faktor penyebabnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini