Share

Indonesia Mulai Siapkan Regulasi LTE Akhir 2013

Andina Librianty, Jurnalis · Rabu 17 April 2013 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 17 54 793051 ugXuHTbFsQ.jpg Menkominfo Tifatul Sembiring (Foto: Okezone)

JAKARTA – Indonesia tidak ingin tertinggal terlalu lama dengan negara-negara yang sudah lebih dahulu mengadopsi teknologi jaringan 4G Long Term Evolution (LTE). Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring, mengatakan bahwa regulasi LTE akan mulai disiapkan pada akhir tahun ini.

 

Diungkapkan Tifatul, adopsi LTE di Tanah Air tidak menutup kemungkinan akan diimplemetasikan pada teknologi netral. “Kita akan mulai regulasinya di akhir 2013, yang pasti regulasi LTE tentu akan sesuai dan mendukung teknologi itu sendiri, tutur Tifatul di sela-sela acara peresmian layanan perizinan spektrum, di Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Follow Berita Okezone di Google News

 

“LTE nantinya bisa saja dengan teknologi netral, jadi nanti teknologi LTE bisa menggunakan kanal-kanal yang bisa di-refarming untuk teknologi tersebut,” jelasnya.

 

Menjelang implementasi LTE, kata Tifatul, Indonesia saat ini sedang dalam tahap pemerataan akses internet di seluruh wilayah. Pemerataan internet itu dinilai karena sektor telekomunikasi yang sedang tumbuh cepat di Indonesia.

 

Sayangnya Tifatul enggan menargetkan kapan waktu pasti implemetasi LTE di Indonesia. “Telekomunikasi itu tumbuh dengan cepat, tapi targetnya kita lihat nanti karena infrastrukturnya juga belum selesai,” tuturnya.

 

Mengenai belum digelarnya LTE di Indonesia, Director and Chief Commercial Officer Indosat Erik Meijer, pernah mengatakan bahwa Indonesia tidak perlu berkecil hati karena masih sedikit operator yang menggunakan LTE.

 

Namun jaringan LTE diharapkan bisa digunakan di Indonesia sebelum lima tahun mendatang. “Masih ada waktu, tapi jangan sampai lima tahun juga. Itu terlalu lama,” ungkapnya.

(adl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini