Awas, 32 Aplikasi "Bonus" Malware Gentayangan di Google Play!

Gesit Prayogi, Jurnalis · Minggu 21 April 2013 06:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 04 20 325 794884 Ny9VpR827I.jpg Ilustrasi

CALIFORNIA - Perusahaan keamanan memperingatkan para developer untuk waspada soal kode pihak ketiga yang digunakan pada aplikasi besutannya.

Google sekali lagi memperoleh kecaman atas pendekatan karena membiarkan platform-nya terbuka untuk menerima aplikasi yang terinfeksi malware. Peneliti kemanan di Lookout menemukan 32 aplikasi di Google Pay terinfeksi malware BadNews. Demikian dilansir dari T3, Minggu (21/4/2013).

Para ahli keamanan memperingatkan, meskipun memiliki regulasi dan pengawasan yang kuat, namun penjahat asal Eropa Barat dan Amerika Utara masih mencoba mengambil keuntungan dengan menyisipkan malware pada aplikasi.

Menurut laporan, malware ini secara khusus menyerang pengguna Android di Rusia, Ukraina, Belarus, dan pengguna lain di Eropa Timur.

Lookout mengakui sulit untuk menghitung angka pasti dari perangkat yang terinfeksi. Korban akan terus bertambah selama Google masih menyediakan aplikasi tersebut. Menurut perkiraan dua hingga sembilan juta aplikasi kali aplikasi yang terinfeksi telah diunduh.

Malware BadNews menyamar pada aplikasi resep, walpaper, game, dan aplikasi porno. Menurut Lookout, aplikasi yang terinfeksi akan menipu pengguna untuk memasang aplikasi tertentu seperti Skype. Kemudian, mereka mulai mencuri dengan mengirimkan pesan teks ke nomor premium.

Kejadian ini membuat beberapa perusahaan keamanan prihatin dan mendesak developer untuk berhati-hati menggunakan kode pihak ketiga yang digunakan pada aplikasi besutannya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini