Mesin Ini Bisa "Cuci" Buku Tanpa Air

Ayunda W Savitri, Jurnalis · Jum'at 26 April 2013 18:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 04 26 56 798282 w2q2KO7TRG.jpg IDSmart Bookshower (Foto: DamnGeekly)

SHANGHAI - Membaca buku di perpustakaan umum ternyata bisa mendatangkan sumber penyakit. Terlebih apabila buku tersebut sering berpindah tangan dari satu orang ke orang lain. Sayangnya, belum semua orang menyadari akan hal itu atau mempedulikannya.

Melihat hal itu, Claridy Advanced RFID Solution di China merancang sebuah mesin sterilisasi buku yang sangat menarik. Mesin yang dinamakan IDSmart Bookshower (dikenal juga sebagai Mesin Sterilisasi Perpustakaan) berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan virus yang melekat pada buku yang akan dipinjam.

Disitat DamnGeeky, Jumat (26/4/2013), mesin yang diletakkan di perpustakaan umum di kota Hangzhou, China Timur ini berukuran sekira 1,3 meter dengan berat hingga mencapai 80 kilogram. Bahkan, sekilas bentuknya terlihat menyerupai kulkas kecil.

Cara kerjanya cukup simpel di mana pengunjung cukup meletakan bukunya pada frame stainless steel di dalam mesin. Kemudian IDSmart Bookshower akan menggunakan sinar UV untuk mensterilkan buku tersebut selama 30 detik.

Mesin Sterilisasi Perpustakaan ini secara khusus dikembangkan untuk menjaga kehigienisan buku dan menumbuhkan kebiasaan membaca buku yang baik. Disamping itu, pengembang juga ingin mensosialisasikan kepada pengunjung bahwa ada banyak cara kuman menyebarkan virus, salah satunya melalui buku yang dipinjam.

Penasaran ingin melihat bagaimana cara kerja mesin pembersih buku di perpustakaan, klik link video ini.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini