Ternyata Monyet juga Punya Norma Sosial

Riyandi Andesma, Jurnalis · Senin 29 April 2013 18:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 04 29 56 799498 NQXHuwi0uQ.jpg Foto: Photo Shelter

EDINBURGH - Saat mengunjungi sebuah tempat atau daerah baru, kebanyakan orang akan mencoba untuk menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitarnya. Namun, perilaku seperti ini ternyata tidak hanya dilakukan oleh manusia saja, bahkan monyet pun memiliki kelakuan yang sama.  

Melalui sebuah penelitan yang dilakukan oleh para peneliti di University of St. Andrews, mereka menyebutkan bahwa spesies monyet juga memiliki pola perilaku yang sama dengan manusia saat memasuki suatu daerah baru atau asing.

 

Peubahan pola perilaku ini dibuktikan oleh peneliti dengan membuktikan bahwa saat monyet memasuki lingkungan yang asing, spesies ini akan mengikuti norma sosial pada kelompok tempatnya menetap. Spesies monyet tersebut berusaha mengikuti setiap aturan kelompok terlepas dari aturan tersebut masuk akal atau tidak bagi mereka.

 

"Temuan kami menunjukkan bahwa kesediaan spesies monyet untuk menyesuaikan diri dengan norma yang ada, meskipun pada lingkungan baru tempat mereka menetap memiliki perbedaan dari sisi budaya. Merupakan sebuah disposisi yang sama dengan primata lainnya," ujar Professor di Universitu of St. Andrews, Andrew Whiten.

 

Dilansir dari Softpedia, Senin (29/4/2013), kesimpulan ini dicapai setelah para peneliti mempelajari bagaimana pola perilaku dari monyet laki-laki liar jenis Vervet asal Afrika Selatan berperilaku saat melakukan migrasi dari satu kelompok ke kelompok lainnya.

 

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini