Pemerintah Jepang Siapkan Robot Perawat untuk Lansia

Ayunda W Savitri, Jurnalis · Kamis 02 Mei 2013 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 02 56 800942 mswd4yZDWR.jpg (Foto: RocketNews24)

TOKYO – Pemerintah Jepang telah mengumumkan rencana untuk menghadirkan robot perawat (nursing robot) yang akan merawat lansia. Hal ini dipersiapkan negeri sakura yang memprediksi bahwa dalam  beberapa tahun ke depan, sekira 40 persen dari populasinya akan lebih banyak yang berusia 65 tahun ke atas.

Robot perawat itu dapat melakukan tugas-tugas seperti mengangkat dan membantu pasien lansia yang mengalami kesulitan untuk berdiri atau berjalan sendiri. Menariknya, robot ini dikabarkan dapat disewa oleh instansi rumah sakit ataupun pribadi. Demikian disadur RocketNews24, Kamis (2/5/2013).

Robot perawat ini merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengatasi kekurangan pekerja perawat di dalam negeri. Upaya itu juga sebagai cara pemerintah untuk memelihara industri pengembangan dan penciptaan robot.

Oleh karena itu, pemerintah tidak segan mengucurkan modal USD2,5 juta (sekira Rp24 miliar) untuk memulai dan terus mengembangkan proyek ini. Disamping itu, mereka berharap robot perawat ini akan menjadi pemandangan yang umum di rumah sakit ataupun rumah masyarakat di masa mendatang.

Sayangnya belum dapat dipastikan kapan robot perawat ini diluncurkan. Namun, rencananya robot ini akan dibanderol seharga 100ribu yen atau sekira Rp10 juta.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini