Hiu Langka Seberat 150 Kilogram Ini Dimumikan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 13 Mei 2013 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 13 56 806267 RScnFJ7rBs.jpg (Foto: Theaucklander)

AUCKLAND - Hiu langka dengan berat 150 kilogram terdampar di Pantai Muriwai, Auckland, Selandia Baru. Ketika ditemukan, jenis oceanic whitetip shark (Carcharhinus longimanus) ini diketahui telah mati dan segera dibalsem oleh peneliti.

Dibalsem merupakan cara peneliti untuk bisa mengawetkan jasad hiu dengan panjang tubuh 2,6 meter tersebut. Selanjutnya, hiu betina yang kabarnya tengah bunting ini akan disimpan untuk koleksi sains Auckland Museum.

Kepala museum, Tom Trnski mengatakan bahwa hewan ini sangat langka ditemukan di perairan Selandia Baru. "Hewan ini biasanya ditemukan di perairan hangat dekat khatulistiwa," kata Tom, seperti dikutip 3news, Senin (13/5/2013).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, hiu tropis ini merupakan jenis betina dewasa dan berada pada ukuran tubuhnya yang maksimal. "Bahkan, dia adalah yang terbesar untuk hiu (oceanic whitetip) yang hidup di belahan Bumi selatan," tambahnya.

Ia mengatakan, peneliti tertarik dengan temuan ini karena tidak ditemukan spesimen utuh dari jenis hiu whitetip di Selandia Baru. "Hiu ini akan tersedia untuk para peneliti di seluruh dunia," imbuhnya.

Tom menjelaskan, penelitian mengenai hiu ini termasuk anatomi dasar, biologi dan sejarah genetik. Selain itu, peneliti juga nantinya bisa menyingkap misteri kematian hewan tersebut.

Wikipedia menerangkan, hiu whitetip merupakan jenis yang agresif, namun lambat dalam bergerak. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hiu ini mengalami penurunan populasi karena banyak perburuan liar yang mencoba mengambil bagian siripnya yang besar.

Hiu ini umumnya hidup di habitat laut dengan temperatur lebih dari 18 derajat celcius. Hiu ini cenderung mencari area yang lebih hangat, seperti laut yang bersuhu antara 20 - 28 derajat celcius.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini