Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teleskop Herschel Abadikan Gambar Peleburan Dua Galaksi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 23 Mei 2013 12:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 05 23 56 811383 p9rjSJWvqj.jpg (Foto: Theregister)

PARIS - Teleskop luar angkasa Herschel mengabadikan gambar dua galaksi yang "melebur" menjadi satu. Teleskop yang dioperasikan European Space Agency ini menangkap pergerakan dua galaksi yang saling berdekatan.

Dilansir Theregister, Kamis (22/5/2013), ilmuwan yang menganalisis gambar tersebut kemudian membuat simulasi apa yang akan terjadi ketika dua galaksi melebur menjadi satu. Galaksi ini dikenal dengan kode nama HXMM01.

Pemeriksaan lebih dekat HXMM01 memberikan wawasan baru bagi peneliti terkait penciptaan alam semesta tiga miliar tahun lalu. ESA mengatakan, kedekatan galaksi mempercepat pembentukan sekira 2000 bintang per tahun.

Peneliti juga memungkinkan untuk mengamati "jembatan gas" di jarak 65 juta tahun cahaya antara dua galaksi tersebut. Ilmuwan melapokran penelitian mereka dalam jurnal Nature.

Selain teleskop Herschel, terdapat pula teleskop Hubble milik National Aeronautics and Space Administration (NASA). Beberapa waktu lalu dikabarkan teleskop Herschel menemukan galaksi spiral ESO 121-6. Galaksi berkilau ini berada di konstelasi atau rasi bintang bagian selatan, Pictor.

ESO 121-6 dikatakan sebagai galaksi yang tidak merata, memiliki "lengan" longgar dan tonjolan pusat yang relatif lemah. Kabarnya, ESO 121-6 merupakan sekelompok galaksi, yang tidak lebih dari 50 struktur serupa yang terikat satu sama lain oleh gravitasi.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini