McAfee: Worm Koobface Semakin Berkurang

Andina Librianty, Jurnalis · Senin 10 Juni 2013 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 10 325 819680 u0V5Gi2rMa.jpg Worm Koobface (Foto: McAfee)

CALIFORNIA - Perusahaan antivirus McAfee mengoreksi laporan ancaman untuk kuartal satu 2013 yang dirilis beberapa waktu lalu. Berbanding terbalik dengan laporan sebelumnya, McAfee mengungkapkan bahwa penyebaran worm Koobface di jejaring sosial terus berkurang.

Seperti diketahui sebelumnya, belum lama ini McAfee merilis laporan ancaman untuk kuartal satu 2013. Menurut laporan itu, Koobface yang selama ini menyebar di jejaring sosial semakin tumbuh subur.

Dilansir dari Softpedia, Senin (10/6/2013), McAfee dalam sebuah publikasi blog mengatakan bahwa perusahaan telah membuat kesalahan mengenai penghitungan Koobface. Malware Koobface sebenarnya terus menurun dimulai satu setengah tahun ketika Facabook melakukan intervensi.

"Jumlah sampel dapat dipengaruhi dengan pengemasan ulang kode yang sama (sebuah taktik penghindaran umum yang digunakan oleh distributor malware), data sampah atau bentuk lain dari server," jelas Craig Schmugar dari McAfee.

Seperti diketahui, pada Januari lalu Facebook melakukan penyelidikan bersama beberapa peneliti keamanan independen dan berhasil mengidentifikasi kelompok hacker yang diduga sebagai biang dari Koobface. Worm Koobface ini pertama kali muncul pada 2008 dan menyebar lewat pesan palsu tidak hanya di Facebook, tapi juga pada jejaring sosial lain.

(adl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini