Robot Kecil Ini Bertingkah Layaknya Serangga

Riyandi Andesma, Jurnalis · Senin 24 Juni 2013, 13:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2013 06 24 56 826588 K3nZg2ObDL.jpg (Foto: Mashable)

MASSACHUSETTS - Kebanyakan orang cenderung merasa jijik saat bertemu dengan serangga. Akan tetapi, beberapa peneliti robot asal Harvard justru sebaliknya, mereka malah terinspirasi dengan serangga dalam membangun sebuah robot.

Para ilmuwan di Harvard ini telah menghabiskan waktu sekira lima tahun terakhir, untuk membangun robot yang terinspirasi dari serangga. Mereka berusaha membangun sebuah robot, yang dapat bergerak, memiliki ketangkasan, kecepatan, seperti serangga pada umumnya.

"Dengan menciptakan microrobot berkinerja tinggi di udara, robot kecil ini juga ditujukan untuk melakukan operasi pencarian, penyelamatan, membantu pertanian, pemantauan lingkungan, serta eksplorasi lingkungan-lingkungan berbahaya," ungkap Harvard Microbiotics Lab.

Diberi nama Robobugs, robot kecil besutan para peneliti di Harvard ini diklaim memiliki kecepatan hingga delapan kali ukuran tubuhnya. Robot lain yang dibuat oleh para ilmuwan ini juga memiliki pasokan baterai built-in, sehingga mampu digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Informasi yang beredar, Harvard telah mengalami kegilaan terhadap serangga. Pada awal tahun, ilmuwan di universitas ini bahkan telah meluncurkan robot serangga dengan sayap berukuran sekira 3cm, seperti dilansir dari Mashable, Senin (24/6/2013).

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini