Share

Bukti Arkeolog Ungkap Kecantikan Cleopatra

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 24 Juni 2013 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2013 06 24 56 826741 fmifRytM50.jpg (Foto: Heritagedaily)

KAIRO - Bukti arkeolog mencoba mengungkap seperti apa wajah Cleopatra yang sesungguhnya. Seperti diketahui Cleopatra VII Philoparotr atau yang biasa dikenal dengan nama Cleopatra pernah memerintah Mesir sebelum kelahiran Yesus.

Dilansir Heritagedaily, Senin (24/6/2013), tidak ada keraguan pada legenda kecantikan Cleopatra berdasarkan cerita bahwa dirinya pernah menaklukkan hati pemimpin Romawi yang kuat, Julius Caesar dan Mark Antony. Seperti apakah wujud asli Cleopatra? Peneliti mencoba mengungkap sosok Cleopatra yang sebenarnya.

Selama lebih dari dua ribu tahun lalu, keanggunan pemimpin Mesir masa lampau ini banyak dilukiskan dalam karya besar dan terkenal. Lukisan menggambarkan dirinya sebagai seorang penggoda dengan kecantikan fisik luar biasa.

Cassius Dio, sejarawan Romawi pernah menggambarkan Cleopatra sebagai "seorang wanita yang melebihi keindahan". Plutarch, sejawaran Yunani kabarnya menulis tentang kecantikan Cleopatra yang tidak bisa dibandingkan.

Terdapat patung yang bisa dikaitkan dengan Cleopatra. Ada juga bermacam-macam gambar yang menampilkan dirinya pada koin kuno. Dalam gambar tersebut, diperlihatkan bahwa wanita penguasa masa lampau ini tampak seperti rata-rata manusia biasa, berhidung bengkok dan 'jantan'.

Kendati demikian, koin tersebut kabarnya bernuansa propaganda politis yang kuat, yang menggambarkan Cleopatra dengan fitur maskulin. Satu hal yang penting untuk diingat, keindahan yang ideal di masa lampau sangat berbeda dengan orang-orang dari dunia barat modern.

Daya tarik Cleopatra memiliki keterkaitan dengan penampilan fisiknya dan banyak hubungannya dengan intelektualitas, karakter dan tampaknya nada suara. Ketika peneliti mempertimbangkan bagaimana hubungan Cleopatra dengan Caesar dan Antony, maka jelas wanita tersebut memiliki sesuatu yang lebih dari sekedar kencantikan fisik belaka.

Peneliti menyimpulkan, keindangan yang paling terkenal dalam sejarah manusia ialah keindahan pada karakter diri. Cleopatra pernah digambarkan pula dalam sebuah relief Cleopatra VII di Temple of Dendera dan lukisan karya Jean-Leon-Gerome.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini