Nokia Beli 50% Saham Siemens

Andina Librianty, Jurnalis · Senin 01 Juli 2013 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 01 57 830190 Gkqd95iQYP.jpg Nokia Siemens Networks (Foto: Blooomberg)

FINLANDIA - Nokia akhirnya membeli saham Siemens AG di usaha patungan kedua perusahaan yang telah berusia enam tahun, Nokia Siemens Network (SNS), senilai 1,7 miliar euro atau USD2,2 miliar. Dengan begitu, Nokia memiliki akses penuh ke keuangan produsen perlengkapan telepon tersebut.

 

Dilansir dair Bloomberg, Senin (1/7/2013), Nokia akan membayar 1,2 miliar euro untuk 50 persen saham Siemens di Nokia Siemens Networks, dengan sisanya sebagai pinjaman dari Siemens selama satu tahun setelah kesepakatan selesai.

 

Chief Executive Officer (CEO) Nokia Stephen Elop mengatakan meski Nokia sedang berjuang kembali di industri smartphone, tapi perusahaan tidak berencana mengintegrasikan Nokia Siemens dan memutuskan mencari mitra lain.

 

Siemens dilaporkan sedang berusaha keluar dari manufaktur nirkabel untuk fokus pada perlengakapan energi, serta proyek-proyek kesehatan dan infrastruktur. "Dengan transaksi ini, Nokia membeli sendiri sebuah masa depan,  apa pun yang terjadi di smartphone dan feature phone," jelas analis di Sanford C. Bernstein. Pierre Ferragu, di London.

 

"Nokia Siemens memiliki masa depan di dunia perlengkapan jaringan dengan dilengkapi operasi yang efisien dan posisi nomor dua di pasar yang terkonsentrasi dan stabil," jelas Ferragu.

(adl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini