Share

Indosat Uji Jaringan di Jalur Mudik Solo-Yogyakarta

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 02 Juli 2013 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2013 07 02 54 830725 nc9bIN9o77.jpg

SOLO - Operator telekomunikasi, Indosat, hari ini, Selasa (2/7/2013) menggelar drive test jaringan Indosat 2013 di kawasan Solo hingga Yogjakarta. Uji jaringan ini dilakukan untuk memastikan agar jaringan Indosat tetap prima di jalur mudik yang biasa dilalui pengguna Indosat.

Eni Nur Ifati, Corporate Communication Indosat yang ikut dalam rombongan drive test mengungkapkan, wilayah Solo dan Yogyakarta merupakan daerah yang umumnya dikunjungi para pemudik. Trafik jaringan, baik voice atau SMS maupun data bisa penuh khususnya pada musim pulang kampung setiap tahunnya.

Tidak hanya menjadi target orang untuk mudik, tetapi liburan ketika ramadan atau lebaran menjadikan Solo serta Yogyakarta merupakan daerah destinasi wisata.

Tiba di bandara Adi Sumarmo Solo, awak media Jakarta menunggangi bus dan langsung berjalan menelusuri beberapa jalan utama, seperti jalan Adi Sucipto serta jalan Ahmad Yani, Kerten Solo.

Danie Boy Martua Panjaitan, tour leader, Network Quality Engineer Indosat mengatakan, tim drive tester dilengkapi dengan perangkat laptop, layar monitor serta tools yang digunakan untuk memantau. Tim juga merekam sinyal dan event sepanjang jalan pada saat drive test.

Pada saat kondisi berjalan, dipantau pengujian jaringan 2G dan 2G & 3G (dual mode). "Tampilan customer experience sinyal 3G yang terlihat (selama perjalanan), pada saat 3,7 Mbps itu bagus sekali, bahkan rata-rata 2 Mbps. Itu kecepatan yang bagus untuk kondisi berjalan," tutur Boy.

Ia menjelaskan, pada drive test ini, kecepatan bus dijaga maksimal di 60 kilometer per jam. "Kita dapatkan data yang lebih akurat (dengan kecepatan tersebut). Di atas 60 kilometer per jam, kecepatan tersebut kurang representatif," imbuhnya.

Ia mengatakan, bandwidth seluler bergantung dari jumlah banyaknya pengguna. "Kalau di daerah padat, speed kita low. Sedangkan apabila jumlah pengguna low, speed akan tinggi," jelasnya.

"Broadband bagaikan roti, semakin banyak pengguna semakin kecil jatah kita," tambahnya. Pada drive test dari bandara hingga jalan Ahmad Yani, tim melakukan pengujian, termasuk menggunggah beberapa file (19MB) ke dropbox.

Optimasi dilakukan pada area tertentu. Tim bisa menelusuri kekuatan jaringan di jalan-jalan sepanjang drive test. Boy mengklaim, untuk jaringan 3G bisa mnecapai 7,2 Mbps, serta di beberapa titik mencapai 14,4 mbps.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini