BBM di Android, Penjualan BlackBerry Bakal Lesu?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2013, 11:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 07 21 57 840134 NXQFHItODq.jpg (Foto: Phonesreview)

OTTAWA - Kabar mengenai hadirnya fitur BlackBerry Messenger (BBM) di platform Android serta iPhone semakin marak. Aplikasi chat ekslusif di smartphone BlackBerry tersebut kabarnya mulai merambah Android sebelum akhir September.

Dilansir Phonesreview, Minggu (21/7/2013), BBM untuk Android dan iPhone bisa berpotensi merusak masa depan penjualan smartphone BlackBerry. Beberapa kalangan berpikir bahwa fitur BBM ini bisa membawa kembali para pengguna Android ke platform yang dibesut perusahaan asal Kanada tersebut.

Meskipun demikian, tanggapan lainnya mengungkap bahwa pengguna Android dan iOS tampaknya akan setia dengan sistem operasi yang tengah digunakannya. Bagi mereka yang sebelumnya memiliki smartphone BlackBerry telah menyuarakan bagaimana nantinya aplikasi BBM ini akan dirindukan dan menginginkan fitur tersebut untuk muncul di smartphone Android dan iPhone.

Beberapa analis angkat bicara mengenai apa yang terjadi apabila aplikasi BBM benar-benar hadir di platform Android dan iOS. Muncul kabar yang menyebutkan survey global tentang penjualan BB7 akan turun drastis setelah rilisnya BBM di Android dan iPhone.

Dengan demikian, ini akan memiliki dampak yang lebih besar untuk konsumen di negara berkembang. Konsumen bisa melakukan upgrade telefon genggamnya dari yang handset lama ke smartphone Android yang lebih murah, di mana kelak OS 'robot hijau' ini sudah memiliki dukungan aplikasi BBM.

Munculnya aplikasi BBM di Android ini menuai perkiraan bahwa akan ada 'penderitaan' yang dialami bagi BlackBerry. Namun, seperti apa kenyataan pastinya baru akan terlihat setelah aplikasi tersebut benar-benar meluncur di platform Android atau iOS.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini