Ilmuwan: Kepribadian Mempengaruhi Preferensi Cita Rasa Pedas

Ayunda W Savitri, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2013 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 02 56 846728 mcJE0GD62X.jpg Sensasi pedas bagi kepribadian easy going (Foto: Softpedia)

PENNSYLVANIA – Peneliti sekaligus kandidat doktoral dari Pennsylvania State University menyatakan, kepribadian seseorang mempengaruhi selera makan mereka. Lebih jelasnya, Nadia Byrnes mengemukakan bahwa orang yang menyukai rasa pedas umumnya suka berpetualang dan mudah beradaptasi (outgoing).

Di sisi lain, orang yang cenderung memilih bermain aman biasanya tidak menyukai rasa pedas. Demikian dilaporkan situs Daily Mail.

Disadur Softpedia, Senin (12/8/2013), Byrnes menjelaskan bahwa dalam keadaan normal, ada masanya orang harus mencoba dan menghindari makanan yang tidak sesuai dengan seleranya.

Akan tetapi, bagi mereka yang menyukai petualangan akan mendapatkan kesenangan dari sensasi yang meletup-letup di dalam mulutnya ketika mengkonsumsi cabai. Hal ini menunjukkan, baik jiwa maupun pribadinya siap menghadapi berbagai situasi berisiko.

“Secara teori, kita mengetahui intensitas dan keinginan itu berbanding linier (lurus) serta saling terkait satu sama lain. Semakin ‘tersiksa’ karena panasnya rasa pedas pada makanan, maka semakin terbiasa orang tersebut merasakan sensasi pelik dan tempaan seperti itu di dalam kehidupannya. Meski demikian, hal ini tidak menjamin dalam segala aspek kehidupan,” tutupnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini