Rekayasa Genetik, Kelinci Ini Glow in The Dark

Ayunda W Savitri, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2013 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 14 56 849266 acEAVhg1fM.jpg Sepasang kelinci glow in the dark di antara yang lainnya (Foto: Softpedia)

HONOLULU – Para ilmuwan asal Hawaii dan Turki belum lama ini berhasil merekayasa genetik (transgenetik) sepasang kelinci. Hasilnya kedua hewan mamalia itu mampu menyala dalam kondisi gelap (glow in the dark).

Dilaporkan situs Daily Mail, bila terpapar cahaya sekilas kelinci ini tidak berbeda dengan sesamanya. Namun ketika lampu dimatikan, kelinci tersebut jelas terlihat berbeda sebab sekujur tubuhnya berubah menjadi warna hijau neon.

“Kelinci ini seperti bola lampu yang menyala. Seluruh tubuhnya bagaikan terpapar lampu LED,” kata para peneliti, sebagaimana dilansir Softpedia, Rabu (14/8/2013).

Para ilmuwan mengatakan, mereka telah menyuntikkan materi genetik asing ke dalam tubuh embrio kelinci ini. Hal ini juga sebelumnya pernah diuji cobakan ke seekor domba di Uruguay pada April lalu. Di mana, mereka menyuntikkan cairan protein yang diambil dari ubur-ubur sesaat setelah bayi domba tersebut lahir.

Kandungan protein dalam tubuh domba tersebut membuatnya akan terlihat berwarna hijau bila berada di bawah sinar Ultraviolet (UV). Protein yang disuntikkan itu dinamakan Green Flourescent Protein (GFP).

Berdasarkan penjelasan dari Wikipedia, GFP merupakan protein yang terdiri dari 238 residu asam amino (26,9kDa) yang menghasilkan fluoresensi hijau terang bila terkena cahaya biru atau ultraviolet (UV). Adapun GFP pertama kali ditemukan pada ubur-ubur A. Victoria.

Hingga kini kelinci bertransgenetik tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda kesehatan yang memburuk. Sehingga, para ilmuwan berani mengklaim keberhasilan tubuh embrio tersebut dalam menerima genetik asing.

“Ini hanya penanda yang menunjukkan bahwa kita dapat mengambil gen yang mulanya tidak terdapat pada hewan, kini ada di tubuh hewan,” ujar seorang peneliti di University of Hawaii, Dr Stefan Moisyadi.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini