Waspada, Gula Bisa Memperpendek Usia Anda

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2013 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 15 56 849885 8lPn4neRLN.jpg (Foto: Autismspot)

WASHINGTON - Berdasarkan penelitian mengenai gula, ilmuwan mengatakan bahwa gula bisa menjadi racun bagi kesehatan Anda. Ilmuwan dari University of Utah di Amerika Serikat mengungkap temuan mereka.

Dilansir Berkshireeagle, Kamis (15/8/2013), studi baru mengungkap, konsumsi gula walau ditingkat menengah, bisa menjadi racun bagi tubuh atau setidaknya mempengaruhi kehidupan seksual seseorang. Ilmuwan dari AS telah melakukan pengujian kepada tikus.

Setelah tikus diberikan tiga minuman soda dengan kandungan gula setiap hari, dari pengamatan hewan pengerat tersebut, terlihat adanya dampak negatif pada rentang kehidupan dan persaingan terhadap pasangan.

"Tiga soda jika sisa diet Anda murni dan bebas gula. Dan, itu hanya 12 ons soda, bukan tegukan besar secara ganda (dua kali tegukan)," ungkap penulis utama dan ahli biologi James S. Ruff.

Berdasarkan penelitian, tikus betina kemungkinan lebih cepat mati ketimbang tikus jantan. Tikus jantan memiliki masalah dalam persaingan melawan tikus jantan lainnya untuk mendapatkan pasangan dan ketidakmampuan menjaga teritorial dan bereproduksi.

"Tikus betina tidak akan kawin dengan tikus jantan yang tidak memiliki teritorial," kata peneliti, Wayne Potts. Studi ini dilaporkan dalam jurnal Nature Communications.

Peneliti pertama-tama menguji 156 tikus yang dicekoki gula atau diet normal selama 26 minggu. Peneliti menempatkan tikus di laboratorium dengan simulasi lingkungan seperti di habitat asli. Hal ini bertujuan agar area persis seperti lingkungan alami.

Ilmuwan mengatakan, sekira 80 persen dari zat-zat yang beracun pada tikus, juga merupakan racun bagi manusia. Sehingga, kemungkinan bahwa efek dari konsumsi gula berlebih bisa berbahaya pada manusia.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini