Share

AMD Perkenalkan Teknologi Prosesor HSA

Ramadhan Aditya, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2013 04:40 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 24 324 854937 UPZpStl6f9.jpg AMD

JAKARTA - Perusahaan prosesor AMD memperkenalkan teknologi terbaru yang disematkan dalam otak komputer. Teknologi bernama Heteregenous System Architecture (HSA) ini diklaim lebih tinggi kualitasnya dibandingkan prosesor quad-core.

Perusahaan yang bermarkas di Sunnyvale, California, ini mengumumkan AMD HSA sebagai chip komputer pabrikan terbarunya. Dikatakan oleh Phil Rogers, AMD Corporate Fellow, prosesor dengan arsitektur baru ini dapat meningkatkan performa lebih cepat dan menggunakan energi yang lebih sedikit dari prosesor yang pernah ada sebelumnya.

AMD HSA adalah salah satu wujud dari teknologi komputer menggunakan graphics processing unit (GPU) yang mana dikhususkan untuk komputasi grafis secara paralel. Sedangkan sistem komputasi yang digunakan untuk menjalankan program secara umum ialah central processing unit (CPU).

Melalui AMD HSA, kemampuan dari CPU dan GPU dapat digabungkan hingga menghasilkan performa yang lebih cepat dengan hanya mengkonsumsi energi lebih sedikit.

AMD mengklaim, dengan teknologi prosesor terbarunya ini bisa meningkatkan kecepatan hingga 2,5 kali lebih cepat dan mengurangi energi 2,5 kali lebih sedikit. Selain itu HSA juga dapat meningkatkan akselerasi program dan aplikasi untuk bekerja lebih cepat. 

Lebih lagi, sistem komputasi ini bisa dijalankan tak hanya di komputer tapi juga pada sistem operasi Android dan Java. Sayangnya, HSA ini belum tersedia untuk sistem operasi perangkat Apple.

Hingga saat ini tim masih mengembangkan HSA untuk menekan penggunaan energi untuk menjalankan sistem komputasi hingga sekecil mungkin. Dan juga agar bisa digunakan pada seluruh sistem komputasi di smartphone.

"Era single core sudah banyak ditinggalkan, multi core juga akan ditinggalkan, dan era HSA akan terus meningkat," pungkas Rogers, saat mempresentasikan AMD HSA melalui teleconfrence.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini