Peneliti Bikin Teknologi Lampu LED Hemat Energi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 05 September 2013 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 05 56 861119 5PGu7Tgvfj.jpg Ilustrasi LED pada billboard (Foto: Sciencedaily)

CALIFORNIA – Lampu light-emitting diode (LED) bisa semakin terang dan lebih hemat energi berkat pengembangan yang dilakukan peneliti dari Department of Electronic and Information Engineering.

Dilansir Sciencedaily, Kamis (5/9/2013), driver baru mendukung lampu cahaya LED dengan sebuah pendekatan inovatif yang dinamakan multi-level PWM (Pulse-Width Modulation). Teknologi ini memungkinkan lampu mendapatkan peningkatan kualitas serta efisiensi energi.

Tim peneliti melibatkan Lai Yuk Ming, Loo Ka Hong serta Michael Tse yang mengusung metode PWM baru. Sebuah sistem operasi 'berdenyut' didesain ulang dalam sebuah cara untuk memaksimalkan output cahaya.

Meskipun output cahaya maksimal, namun sistem dapat meminimalkan energi dalam bentuk panas. Loo Ka Hong mengungkapkan, penurunan energi ini bisa mencapai penghematan hingga 15 persen.

Dunia saat ini mulai beralih ke LED untuk manfaat lingkungan yang besar. Jika semua lampu tradisional di dunia diganti dengan teknologi lampu hemat energi ini, maka penggunaan konsumsi listrik bisa dipangkas  sebesar 40 persen.

Teknologi inovatif ini telah membangkitkan perhatian pasar internasional. Teknologi inovatif LED ini memenangkan Gold Award di Pameran Internasional ke-41 dari Penemuan Jenewa pada April 2013.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini