Video Game Bantu Lansia Pertajam Daya Ingat

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 05 September 2013 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2013 09 05 56 861225 6Go6CXjbfy.jpg (Foto: Emirates247)

WASHINGTON - Penelitian terbaru mengungkap, video game bisa membantu para lansia (lanjut usia) untuk bisa mempertajam daya ingat. Ilmuwan yang melaporkan temuan dalam jurnal Nature ini juga mengungkap beragam manfaat dari bermain game.

Dilansir Emirates247, Kamis (5/9/2013), video game dapat membantu orang tua memerangi penurunan kognitif. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan University of California ini melibatkan sejumlah partisipan berusia 60 - 85 tahun.

Ilmuwan mengatakan, game 3D mengandung banyak kompleksitas, yang mendorong partisipan untuk bisa terus menguasai permainan. Peneliti melatih para partisipan ini dengan sebuah laptop dengan total waktu 12 jam, selama satu bulan.

Penelitian melibatkan partisipan yang bermain game mobil balap dengan jalan berkelok-kelok. Dalam permainan juga diisi dengan serangkaian tanda-tanda jalan.

Partisipan diminta tetap waspada terhadap jenis tanda jalan tertentu dan menekan tombol ketika muncul. Intinya, partisipan harus dapat mendorong dirinya dalam aktivitas multitasking.

Dengan terus berlatih dan memainkan game tersebut, para partisipan lansia ini bisa memiliki kemampuan daya ingat yang sama seperti kaum muda berusia 20 tahunan. Semakin partisipan jago dalam bermain game, maka jaringan otak akan diperkuat, serta bisa fokus pada tugas ganda yang lebih lama.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini