Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasangan Kirim Pesan Bohong? Ini Cara Mendeteksinya

Ramadhan Aditya, Jurnalis · Senin 16 September 2013 14:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 09 16 92 866723 vHY8I92rAk.JPG Ilustrasi.

BRIGHAM -Apakah Anda salah satu korban kebohongan pesan SMS, BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp, atau instant messaging lainnya dari pasangan? Penelitian dari Brigham Young University berhasil mengungkap ciri-ciri pasangan berbohong di pesan singkat.

Dilansir dari CNet, Senin (16/9/2013), tim peneliti Brigham Young University (BYU) berhasil menemukan pola khusus pengirim pesan teks saat ia berbohong. Menurut penelitian, orang yang berbohong di pesan singkat cenderung memiliki ciri-ciri tersendiri dan mudah dideteksi seperti menulis pesan lebih lama dan lebih singkat dari biasanya.

Tom Meservy, profesor jurusan Sistem Informasi di BYU, mengatakan manusia cenderung mudah tertipu lewat pesan teks yang dikirim via SMS dan aplikasi pesan singkat lainnya. Dalam penelitiannya, Meservy menemukan sebanyak 54 persen orang berbohong di tiap SMS atau pesan singkat yang dikirim.

Timnya melakukan penelitian dengan koresponden para pelajar di wilayah Nebraska dan Arizona danĀ  menemukan 50 persen diantaranya berbohong saat mengirim pesan singkat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, para pembual mengirim pesan singkat 10 persen lebih lama dari pesan yang dikirim tanpa kebohongan.

Selain itu, peneliti juga menyimpulkan bahwa pesan yang terkandung kebohongan di dalamnya cenderung ditulis lebih pendek, atau sangat singkat. Orang yang berbohong lebih condong berpikir beberapa kali untuk menulis suatu pesan tidak jujur.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini