Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Oppo Find Mirror, Ponsel Pengganti Kamera Saku

Ramadhan Aditya, Jurnalis · Senin 21 Oktober 2013 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 10 21 207 884559 YStzkNz6ME.jpg Oppo Find Mirror. (foto: Ramadhan Aditya/Okezone)

Oppo memang terbilang smartphone merek baru di Tanah Air. Namun bukan berarti merek baru tak mampu menyaingi smartphone kelas atas lain yang sudah memilki nama besar. Buktinya smartphone Oppo Find Mirror, memiliki kelebihan yang tak kalah dengan ponsel pintar high-end merek ternama lainnya.

Okezone berkesempatan untuk mencoba perangkat Oppo Find Mirror dan menemukan beberapa keunggulan yang memberikan pengalaman lebih bagi pengguna yang mencintai fotografi. Berikut berbagai penilaian Okezone saat menjajal Oppo Find Mirror.

Disain

Perangkat Oppo Find Mirror didisain dengan gaya yang minimalis. Baik dari sisi gaya, maupun bobot ponsel. Meski mengusung layar selebar 4.7 inci, Oppo Find Mirror sangat nyaman dalam genggaman dengan berat 110 gram dan ketebalan hanya 7,3 milimeter. Ya, perangkat ini termasuk ke dalam ponsel ringan nan tipis yang sangat simpel. Selain itu, slot dual nano sim card yang berada di sisi sebelah kiri ponsel membuatnya jadi lebih praktis dengan gaya casing fix alias unibody yang tak bisa dilepas.

Layar dengan diagonal 4,7 inci didukung teknologi IPS beresolusi HD 1280x720 memiliki tampilan yang cukup jernih. Kualitas gambarnya pun cukup memanjakan pengguna saat bermain game atau menonton video berkualitas HD. Namun sayangnya layar sentuhnya terkadang kurang responsif. Tim Okezone mencoba bermain game Fruit Ninja yang bertumpu pada sentuhan di layar, dan menemukan beberapa miss pada sapuan yang dilakukan. Hal tersebut juga didapati dalam permainan Candy Crush Saga.

Performa

Menggunakan chipset quad-core 1,2 GHz ARM Cortex-A7 dan kartu grafis MediaTek serta disandingkan dengan RAM sebesar 1GB, performa Oppo Find Mirror cukup kencang untuk menjalankan game-game yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Tampilan layar pun cukup memanjakan mata pengguna. Namun sayang, dapur pacu yang berada di bagian atas ponsel cepat panas meski baru sebentar digunakan untuk bermain game.

Perangkat ini juga akan memanas apabila digunakan terlalu lama untuk mengambil gambar. Meningkatnya suhu pada dapur pacu ini membuat kenyamanan pengguna terganggu saat menggenggamnya. Apabila sudah terlalu banyak membuka aplikasi dan terlalu lama bermain game, terkadang membuat performa menjadi tersendat-sendat.

Namun untuk daya tahan baterai, ponsel 4,7 inci besutan Oppo ini cukup lama digunakan. Untuk satu kali charge bisa digunakan selama dua hari dengan aktivitas standar. Bahkan saat bermain game dan daya baterai tersisa 30 persen, Oppo Find Mirror masih bisa digunakan untuk bermain game sekira 2 jam.

Kamera

Bisa dibilang inilah senjata utama Oppo Find Mirror. Memiliki resolusi 8 megapiksel di kamera belakang membuat hasil gambar yang jernih dan tajam. Beberapa mode unik dimiliki seperti mode sports, panorama, auto scene, beauty plus, sunset, night, dan HDR. Sensor kamera Sony Exmor BSi dengan lima lapisan kamera dan aperture F2.0 membuat hasil gambar jadi tajam dan jernih. Terlebih untuk night mode, kamera Oppo R819 ini menghasilkan yang memuaskan dengan sedikit noise dan gambar yang tetap halus. Jika terlalu gelap, ponsel ini juga memiliki lampu flash yang sangat terang.

Keunggulan lain kamera Oppo Find Mirror adalah bisa mengambil gambar secara beruntun, alias brust. Okezone melakukan pengetesan dengan menahan tombol shutter selama 10 detik, tercatat kamera ini bisa mengambil gambar hingga 70 frame. Namun sebenarnya kamera Find Mirror bisa mengambil gambar hingga 100 frame secara beruntun.

Kamera depan Find Mirror memiliki resolusi 2 megapiksel. Namun bukan itu istimewanya, melainkan cakupan gambar yang sangat lebar yang bisa dipotret oleh smartphone ini. Lensa wide angle Find Mirror bisa mencakup hingga 88 derajat. Barangkali dari sinilah nama Mirror dari Oppo R819 berasal. Ya, ponsel ini bisa digunakan untuk bercermin karena saking lebarnya kamera depan.

Soal harga, Oppo Find Mirror dibanderol sekira Rp4 juta. Memang beberapa keunggulan dimiliki oleh smartphone ini. Namun untuk ponsel China, harga senilai Rp4 juta terbilang kurang ekonomis.

Antar muka

Mengusung sistem operasi Android Jelly Bean 4.2, tampilan antar muka Oppo cukup berbeda dengan Android lainnya. Oppo mencoba membuat tampilan khasnya sendiri. Selain itu, hal istimewa lain juga datang dari aplikasi built-in yang sudah terinstalasi di ponsel ini. Oppo memiliki aplikasi NearMe Apps, NearMe Themes, dan NearMe Walpapers. Yakni aplikasi seperti Google Play Store, namun memberikan rekomendasi aplikasi yang digunakan oleh orang-orang di sekitar kita. Aplikasi ini sama seperti aplikasi yang terdapat pada sistem operasi Apple, yakni iOS 7.

Kesimpulan

Oppo Find Mirror memiliki keunggulan pada kamera. Menghasilkan foto jernih nan tajam, lensa lebar, dan flash yang terang sangat memanjakan pengguna. Lebih lagi smartphone ini sangat handy dengan disainnya yang ramping. Spesifikasi dapur pacu dan tampilan layar pun cukup memuaskan. Namun sayang dapur pacu yang cepat panas, bahkan panasnya bertahan lama membuat ponsel ini kurang nyaman jika digunakan berlama-lama.

Kelebihan (+)

+ Dimensi dan disain yang handy dan simpel

+ Teknologi layar 4,7 inci IPS HD

+ Kamera wide angle 8 megapiksel yang diperkuat berbagai fitur

+ Tampilan antar muka baru

Kekurangan (-)

- Cepat panas

- Layar sentuh terkadang tak responsif

- Proses kadang tersendat

- Harga tidak ekonomis

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini