Share

Nikon Bakal Agresif di Pasar Kamera Mirrorless Indonesia

Andina Librianty, Jurnalis · Sabtu 02 November 2013 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 02 324 891055 ukzIbxAGWI.jpg Ragam kamera Nikon (Foto: Lazytechguys)

JAKARTA - PT Nikon Indonesia menegaskan akan lebih agresif di pasar kamera mirrorless. Karena itu, perusahaan akan menambah suplai kamera mirrorless untuk Tanah Air pada tahun depan.

Diungkapkan Marketing Manager PT Nikon Indonesia Sukimin Thio, pangsa pasar Nikon di kamera mirrorless turun menjadi 4 persen pada tahun ini dari 9 persen pada tahun sebelumnya. Ia menampik kalau penyebab turunnya pangsa pasar karena kalah saing dengan produk serupa dari kompetitor.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

Sebaliknya, isu suplai kamera mirrorless Nikon lah yang menjadi penyebabnya. Namun ia optimis tahun depan akan terjadi perubahan.

"Memang ada sedikit masalah dengan suplai, tapi tahun depan kami akan lebih agresif dan (kamera mirrorless Nikon) jadi kategori utama," jelas Sukiman di acara peluncuran kamera digital baru Nikon di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (2/11/2013).

Nikon menargetkan bisa menguasai 15 persen pasar kamera mirrorless di Indonesia pada tahun depan. Sejumlah strategi pun akan digelar untuk bisa mencapai target tersebut.

Dua di antara strategi yang akan dilakukan oleh Nikon ialah memastikan suplai kamera selalu ada dan lebih memperluas jalur komunikasi dengan konsumen melalui iklan atau review produk oleh komunitas dan media.

Lebih lanjut, Nikon menguasai 18 persen pasar mirrorless di wilayah Asia. Namun berbeda dengan target pertumbuhan di Indonesia, kata Sukimin, pertumbuhan di wilayah Asia akan lebih sedikit.

"Pertumbuhan mirrorless Nikon di Asia mungkin hanya sedikit saja, karena penetrasinya sudah cukup besar. Tapi di Indonesia masih sedikit, sehingga peluang tumbuhnya jauh lebih besar," ungkapnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini