Nikon Akui Kamera Compact 'Diserang' Smartphone

Andina Librianty, Jurnalis · Sabtu 02 November 2013 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2013 11 02 324 891067 RSrFivy9rX.jpg Nikon (Foto: Flickr)

JAKARTA - Bukan berita baru jika vendor smartphone meluncurkan produk dengan kamera yang memiliki resolusi hingga puluhan megapixel. Alhasil, smartphone dengan kamera yang mumpuni ikut mempengaruhi penjualan kamera compact.

Nikon sebagai salah satu raksasa di bisnis kamera juga mengakui persaingan antara smartphone dan kamera compact. Namun kamera compact yang dimaksud adalah yang basic, tanpa fitur-fitur pendukung seperti WiFi dan kemampuan waterproof.

"Kamera compact memang akan terancam dengan mobile phone (ponsel), terutama kamera compact basic yang memang sedang head to head dengan smartphone," ungkap Marketing Manager PT Nikon Indonesia Sukimin Thio di acara peluncuran kamera terbaru Nikon di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Sabtu (2/11/2013).

Agar tak terkikis oleh smartphone, kata Sukimin, produsen kamera harus selalu berinovasi. Nikon, misalnya, akan lebih banyak meluncurkan kamera compact yang lebih canggih dan bukannya kamera compact basic biasa.

Dengan produk-produk yang selalu menyuguhkan inovasi terbaru, Nikon optimis mampu menumbuhkan pangsa pasar kamera compact mencapai 20 persen pada tahun depan, naik dari 14 persen per September tahun ini. "Kami akan ambil pangsa pasar dari kamera compact lain," katanya.

Berbeda dengan kamera compact, pasar kamera DSLR justru terus menunjukkan tren positif. Bahkan Nikon optimis bisa menguasai 50 persen pasar DSLR pada tahun ini di Indonesia.

Sampai saat ini, Nikon tercatat menguasai 40 persen pasar kamera DSLR di Indonesia, naik dari 32 persen pada tahun sebelumnya. "Pangsa pasar kami (kamera DSLR) stabil di Indonesia," tutur Sukimin.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini