Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2014, Penetrasi Pay TV Tembus 12%

Gesit Prayogi, Jurnalis · Jum'at 22 November 2013 13:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 11 22 54 901081 2fhl9zQkzb.jpg Ilustasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Penetrasi TV berbayar (Pay TV) di Indonesia masih rendah. Berdasarkan laporan tahun lalu, baru tujuh persen dari seluruh masyarakat mengakses layanan tersebut dan diprediksi akan meningkat lima persen pada 2014 menjadi 12 persen.

“Tahun lalu penetrasi baru tujuh persen, tahun ini diprediksi naik dua persen. Pada 2014, peneterasi Pay TV diperkirakan menjadi 12 persen,” sebut Direktur Marketing PT MNC Sky Vision Tbk. Effendi Budiman kepada Okezone.com, Jumat (22/11/2013).

Lebih lanjut, produk dari MNC Sky Vision saat ini menguasai 73 persen pangsa pasar. Sebut Effendi, setidaknya pihaknya mencatatkan 50 ribu pelanggan baru tiap bulan.

“Brand awareness Indovision paling tinggi di antara produk yang lain. Jadi, kalo mau berlangganan Pay TV sebutnya Indovision,” ungkap Effendi. Pelanggan MNC Sky Vision saat ini mencapai 2,1 juta, yang merupakan gabungan dari Indovision, Okevision, dan Top TV.  

Perusahaan saat ini memiliki 85 kantor cabang di seluruh Indonesia dan 2.400 tenaga pemasaran. Di mana, mereka berkontribusi terhadap 83 persen penjualan. “Sisanya disokong dari dealer dan mitra perusahaan,” tuturnya.

Effendi memprediksi bahwa pengguna Indovision, Okevision, dan Top TV diprediksi akan terus mengalami peningkatan. Menurutnya, Pay TV berbasis satelit lebih efektif dalam menjangkau seluruh kawasan Indonesia.

“Berdasarkan geografis satelit bisa menjangkau keseluruhan wilayah. Tak hanya itu, kami juga memakai teknologi satelit yang memungkinkan pelanggan mengakses konten tanpa takut terganggu kondisi cuaca,”

Saat ini, MNC Sky Vision memiliki 29 saluran ekslusif dan 5 saluran berkualitas High Definition. Ke depan perusahaan akan terus menambah saluran-saluran baru. “Untuk saluran akan ditambah. Sementara untuk HD, belum ada rencana menambah saluran baru yang mendukung kualitas gambar tersebut,” tutupnya.

(gst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini