nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Oarfish, Ikan Raksasa dengan Panjang 4 Meter

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 02 Desember 2013 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 12 02 56 905758 s3edKn94e8.jpg (Foto: Deepseanews)

CALIFORNIA - Oarfish merupakan ikan raksasa yang bisa tumbuh dengan panjang 4 meter. Ikan dengan berat 250 pound ini juga menyerupai ular besar, yang pernah ditemukan di Oceanside, California, Amerika Serikat.

Dilansir Scienceblog, Senin (2/12/2013), pada 21 Nopember 2013, ilmuwan dari UCLA  dan California State University bekerjasama untuk mempelajari oarfish raksasa. Ilmuwan telah melakukan penelitian mendalam menggunakan pemindaian computerized tomography (CT).

Peneliti meyakini bahwa ikan misterius ini pernah ditemukan pada 1772. Hewan laut ini sulit dipelajari oleh karena langka dan tidak mudah ditemukan oleh para penyelam.

Ikan ini bisa hidup pada kedalaman 3.300 kaki di bawah permukaan air laut. Hewan ini memiliki warna kulit agak keperakan dengan sirip merah. Kabarnya, seekor oarfish yang terdampar di pantai Amerika Serikat ini juga ditemukan memiliki ovarium yang dipenuhi jutaan telur.

Peneliti ikan Misty Paig-Tran dari CSUF akan meneliti, menghitung dan menganalisis telur tersebut. Ia juga akan mencari tahu perkembangan evolusi oarfish.

"Oarfish tidak bergerak di dalam air selama hampir sepanjang hari, kecuali menggerakan sirip punggungnya," ungkap Paig-Tran. Melalui analisis pemindaian CT, peneliti mengetahui bagaimana pergerakan sirip ikan tersebut dan mengetahui kontribusi tulang lunak untuk mendukung ikan ketika berenang.

Peneltii menggunakan pemindaian berteknologi tinggi ini untuk membuat model tiga dimensi dari ikan raksasa tersebut. Peneliti memerlukan waktu beberapa bulan untuk membedah ikan untuk studi lebih lanjut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini