Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ponsel Nexus Rentan Serangan SMS

Andina Librianty, Jurnalis · Senin 02 Desember 2013 11:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 12 02 57 905754 UGCNbkzPQ1.jpg Nexus 5 (Foto: Ist)

BUKARES - Ponsel Nexus 4 dan 5 ternyata dinilai rentan terhadap serangan Flash Short Message Service (SMS). Kedua ponsel itu bisa tiba-tiba reboot atau kehilangan koneksi jaringan, jika penyerang mengirimkan sejumlah besar pesan Flash SMS.

 

Dilansir Cnet, Senin (2/12/2013), Administrator sistem di layanan TI Belanda Levi 9, Bogdan Alecu, melaporkan bahwa kerentanan dapat terjadi ketika seorang penyerang mengirimkan sekira 30 pesan Flash SMS-pesan yang tiba-tiba muncul di layar ponsel- di Nexus 4 atau Nexus 5.

 

Jika pesan tidak segera ditolak, pesan itu bisa membuka ponsel untuk melakukan serangan. Alecu mempresentasikan temuannya itu di konferensi keamanan DefCamp di Bucharest, Rumania, pada Jumat 28 November.

 

Salah satu masalah yang dihadapi pengguna Nexus adalah tidak ada pemberitahuan otomatis dalam bentuk audio ketika pesan Flash SMS itu sampai. Sehingga penyerang bisa mengirimkan banyak pesan dengan cepat sebelum pengguna sempat melihat atau menghentikannya.

 

Menurut Alecu, kelebihan beban SMS dapat menimbulkan beberapa masalah, termasuk reboot ponsel. Bahkan ponsel bisa saja tidak bisa terhubung ke jaringan setelah reboot.

(adl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini