5 Ribu KM Kabel Optik MNC untuk Jawa & Sumatera

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2013 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2013 12 18 55 913954 6mA9z0UpvI.jpg Direktur Komersial MNC Kabel Mediacom Ade Tjendra (foto: Feri Usmawan/Okezone)

JAKARTA - PT MNC Kabel Mediacom (MKM) menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi hingga 2,5 Gbps pada tahun depan. Sekadar informasi, PT MKM telah terbentuk pada akhir 2012.

“Ini meleverage Infokom Elektrindo yang telah berdiri sejak 1998,” ujar Ade Tjendra, Direktur Komersial, PT MNC Kabel Mediacom saat berbincang dengan Okezone. Bedanya, sambung Ade, kalau Infokom Elektrindo berbasis layanan vista untuk bisnis dan korporasi.

Ia menjelaskan, gelaran jaringan fiber optik (Roll out) PT MKM sedang berjalan di beberapa kota yang menjadi target pada 2014. Di beberapa kota, kesiapan infrastruktur sudah mencapai 90 persen, sedangkan kesiapan keseluruhan, project infrastruktur PT. MKM secara rata-rata sudah mencapai 60 persen.

Untuk jaringan backbone fiber optic, perusahaan menggunakan jaringan bawah tanah, sedangkan jaringan akses sampai ke rumah-rumah menggunakan kabel fiber optik melalui tiang-tiang.

Sedangkan untuk penghubungkan antar pulau di Indonesia, PT.MKM menggunakan jalur kabel laut (Submarine). Rencana pada 2014, PT.MKM akan menggelar sampai dengan 5.000 kilometer kabel fiber optik untuk melayani 7 kota besar di Jawa & Sumatera.

Layanan yang ditawarkan PT MKM akan memberi pengalaman baru bagi para pengguna mobile. “Nonton acara TV, basisnya bukan hanya di big screen (layar besar). Integrasi TV rumah dengan kemampuan nonton TV di jaringan smartphone kita. Sistem kita mampu menyediakan,” pungkasnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini