Chromebook Turunkan Penjualan Microsoft

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 29 Desember 2013, 15:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 12 29 57 918864 8EOQNaaJf1.jpg (Foto: Digitalspy)

CALIFORNIA - Perangkat Chromebook, notebook buatan Google ini kabarnya menurunkan hegemoni PC Microsoft di Amerika Serikat (AS). Chromebook menawarkan PC lebih sederhana dan diklaim lebih murah ketimbang Microsoft.

Dilansir Digitalspy, Minggu (29/12/2013), notebook Google ini dijual seharga USD200 dan bisa mempengaruhi angka penjualan produk Microsoft. Google mencatatkan 21 persen penjualan notebook, 10 persen tablet dan komputer di AS.

Toko Amazon juga mengungkap, Chromebooks merupakan notebook dengan penjualan terbaik selama periode Natal di AS. Chromebook Samsung merupakan perangkat yang paling banyak dicari, baru kemudian ASUS Transformer Book yang berjalan di Windows 8.

Stephen Baker, Analis NPD mengungkapkan, beberapa vendor fokus pada perangkat dan sistem operasi alternatif seperti Apple dan Samsung. "Untuk menangkap porsi yang signifikan dari pasar tradisional yang didominasi oleh perangkat Windows," tutur Stephen. Menurutnya, beberapa OEM tidak ingin bergantung hanya pada satu sistem operasi, yakni Windows.

Dengan dukungan prosesor Intel, Chromebooks bisa memiliki performa baterai yang mumpuni. Pada Intel Developer Forum 2013, Chromebooks yang ditenagai Intel Haswell lebih irit baterai 50 persen dari generasi sebelumnya atau dapat digunakan 9-10 jam dengan satu kali pengisian.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini