Microsoft Kembali Ingatkan Masa Pensiun Windows XP

Andina Librianty, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2014, 18:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 01 09 325 924169 8q40gW8Nl8.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Windows XP akan resmi pensiun pada 8 April 2014, tapi masih banyak yang menggunakan OS berusia 12 tahun itu. Karena itu, Microsoft mengeluarkan peringatan baru tentang gangguan keamanan jika masih menggunakan Windows XP setelah 8 April.

Dilansir Softpedia, Kamis (9/1/2014), Microsoft memperingatkan bahwa Windows XP tidak lagi menerima pembaruan mulai 8 April, sehingga perangkat yang masih menggunakan OS itu akan rentan terhadap serangan penjahat cyber. Pembaruan dari pihak ketiga untuk aplikasi keamanan yang kompatibel dengan Windows XP juga tak akan cukup untuk mengamankan data-data pengguna nantinya.

"Dukungan untuk Windows XP akan berakhir pada 8 April 2014. Pengguna Windows XP tidak akan lagi menerima pembaruan keamanan, opsi dukungan gratis atau berbayar, dan konten teknis online dari Microsoft," jelas juru bicara Microsoft.

"Pihak ketiga mungkin bisa terus memberikan dukungan, tapi yang harus diingat adalah sangat penting untuk menyadari bahwa dukungan itu tidak akan dapat memperbaiki keamanan di dalam inti kernel Windows," sambungnya.

Juru bicara itu mengatakan Windows XP dan Office 2003 merupakan software hebat yang telah dirilis lebih dari satu dekade lalu. "Tapi harus diingat, teknologi telah berkembang seiring dengan kebutuhan serta harapan konsumen dan mitra yang telah mengadopsi platform dan perangkat modern," ungkapnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini