Share

Temuan Kucing Langka di Hutan Kalimantan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2014 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 24 56 931225 BKw8vqKp2a.jpg (Foto: Discovery)

BORNEO - Seekor kucing langka tertangkap kamera di hutan Borneo (Kalimantan). Foto spesies mamalia berkaki empat ini ditangkap oleh fotografer yang bekerja dengan organisasi konservasi kucing liar (wildcat), Panthera.

Dilansir Discovery, Jumat (24/1/2014), disebut juga kucing teluk (bay cat) atau Pardofelis badia, kucing hutan misterius ini tinggal hanya di pulau Borneo. Bentuk hewan pemangsa ini lebih kecil ketimbang rata-rata kucing rumahan.

Baca Juga: Pelaku Illegal Fishing Asal India Meninggal Karena Sakit, KKP Berikan Penanganan Terbaik

Hewan ini memiliki warna bulu keabu-abuan atau kemerahan. Peneliti yang mengamati hewan ini mengatakan, kucing ini aktif di malam hari (nokturnal) dan diklaim langka dengan populasi yang tidak besar.

Peneliti belum mengetahui apa yang dikonsumsi dan bagaimana hewan ini bereproduksi. International Union for Conservation of Nature menetapkan hewan hutan tropis ini sebagai hewan yang terancam punah.

Sebelumnya, peneliti juga telah menangkap foto kucing yang belum teridentifikasi menggunakan kamera yang memiliki kualitas resolusi rendah pada 1998. Pada November 2013, tim riset lainnya berhasil menangkap gambar kucing serta macan tutul.

Fotografer yang memasang kamera tersembunyi di hutan Borneo ialah Sebastian Kennerknecht dan Andrew Hearn dari Wildlife Conservation Research Unit, Oxford University. Mereka memasang jenis kamera DSLR digital yang dilengkapi dengan sensor inframerah. Saat hewan mendekat, otomatis kamera tersembunyi ini akan menjepret objek.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini