Kesederhanaan Jadi Kunci Keberhasilan Vine

Andina Librianty, Jurnalis · Senin 27 Januari 2014 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2014 01 27 325 932366 EwlGI8UWkn.jpg Screenshot

CALIFORNIA - Aplikasi berbagai video milik Twitter, Vine, genap berusia satu tahun pada 24 Januari 2014. Selama itu, Vine menjadi aplikasi berbagi video yang paling banyak digunakan dengan memiliki lebih dari  40 juta pengguna di seluruh dunia.

 

Vine pada April 2013 berhasil menjadi aplikasi dengan unduhan terbanyak di App Store iOS. Kini, aplikasi itu telah tersedia dalam 20 bahasa, serta tiga platform berbeda yaitu iOS, Android, dan Windows Phone.

 

Kesuksesan ini menurut salah satu pendiri Vine, Colin Kroll, karena kesederhanaan yang dimiliki Vine. Pengguna cukup menekan layar dengan jari untuk membuat video berdurasi enam detik yang mereka inginkan. Waktu yang sangat singkat itu dinilai agar pengguna bisa memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.

 

"Ini adalah sebuah media baru dan membuat video dengan Vine sangat mudah. Apa yang kami lakukan sebenarnya adalah membawa teknik yang digunakan oleh pembuat film selama beberapa generasi ke layar sentuh dan tersedia untuk semua orang. Ini platform yang sangat demokratis," jelas Kroll, seperti dilansir Telegraph, Senin (27/1/2014).

 

Vine sangat populer di industri kreatif, yang mengadopsi klip video berdurasi enam detik sebagai bentuk baru ekspresi. Misalnya, Man Booker Prize menggunakan Vine untuk mengumumkan daftar shortlist dan Hary Styles One Direction untuk mem-posting proses balik layar video-nya.

 

Perjalanan Vine tidak berjalan mulus karena persaingan dari platform sosial lainnya, seperti Instagram, yang meluncurkan fitur video pada Juni 2013. Namun Vine terus menguatkan layanannya dengan menyempurnakan kamera dan menghadirkan fitur-fitur baru.

 

"Kami sangat fokus untuk membuat Vine semakin mudah dengan kehadiran konten-konten baru. Pada awal tahun ini kami meluncurkan website dan Anda bisa melihat penyempurnaan yang ada sepanjang tahun. Kami berpikir kami inovatif dan akan melakukan apa pun sehingga pengguna akan menemukan informasi berharga," jelas Kroll.

(adl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini