Nexus 5: Fitur dan Performa Memuaskan, Suara Standar

Gesit Prayogi, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2014 11:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 02 05 207 936248 iwk5id0FmB.jpg Nexus 5. (foto: Okezone)

SEBANYAK 1.500 unit Nexus 5 ludes dipesan hanya dalam tiga hari di Indonesia. Pioner smartphone berbasis plaftorm Android 4.4 Kitkat ini memang cukup menjadi pusat perhatian.

Ditopang chipset Snapdragon 800 dan memboyong sejumlah fitur anyar yang baru tersedia di Nexus 5 membuat gadget geek dibuat silau karenanya. Okezone.com pun telah menjajal smartphone besutan LG ini, lantas bagaimana kelebihan dan kekurangannya? Berikut ulasannya.

Desain

Tampilannya terlihat cukup sederhana namun tetap apik. Nexus 5 memiliki bentuk persegi panjang dengan sisi atas yang sedikit melengkung. Tak ada aksen yang begitu mencolok.

Bagian depan hanya dihiasi grill speaker berbentuk bulat dan kamera sekunder. Di bagian sisi terdapat microUSB yang diapit grill speaker. Ada pula tombol power, volume pada sisi yang lain. Juga jack audio 3,5 milimeter (mm).

Logo Nexus dengan modul kamera utama di pojok kiri atas berbentuk bulat cukup mencolok belum lagi bentuknya dibuat mumbul di bagian belakang. Lampu flash LED juga diletakkan berdampingan dengan modul kamera.

Nexus 5 memang hadir dengan desain unibodi, sehingga Anda tak dimungkinkan membuka cangkang belakang, apalagi melepas baterai. Untuk memasukkan kartu SIM, cukup tusuk lubang yang berada di bawah tombol power dengan menggunakan paper clip, untuk mengeluarkan slot SIM.

Meski terlihat simple, keunggulan dari Nexus 5 ialah cukup ergonomis sehingga terasa lebih nyaman. Kemudian sisi bodi yang dibangun dengan bahan keramik memberikan kesan kokoh. Namun yang dikhawatirkan apa jadinya jika terpeleset dan jatuh?

Fitur dan Performa

Mengusung layar 4,95 inci, smartphone hadir dengan fitur full-touch-screen seperti generasi pendahulunya dan tak memiliki tombol kapasitif. Sebagai gantinya, tiga tombol virtual dialokasikan pada bagian bawah layar yang memiliki fungsi masing-masing untuk 'back' yang juga berfungsi menutup keyboard virtual, 'home', dan 'multi-tasking'.

Layar Nexus 5 memiliki resolusi 1.920 x 1.080 dengan kerapatan layar 4,95 inci. Sebagai catatan, iPhone 5S hanya menyuguhkan kerapatan 326ppi dan Galaxy S4 441ppi.

Untuk membuka perangkat, ada beberapa pilihan, dengan menggeser layar pada zona gembok berbentuk lingkaran, pola gambar, deteksi wajah, kata kunci, dan PIN.

Pada posisi perangkat terkunci, Anda bisa mengakses Google Now dengan menggeser layar bawah ke atas. Fitur baru yang disuguhkan Android KitKat memberikan kemampuan mengakses pemutar musik pada saat layar terkunci. Fitur ini memudahkan ketika ingin menggeser lagu yang ingin diputar tanpa harus membuka perangkat. Bahkan Cover Album menjadi latar belakang ketika memutar musik saat perangkat terkunci.

Android 4.4 KitKat yang diadopsi pada Nexus 5 memang hadir dengan peningkatan performa dan fitur memberikan pengalaman akses yang cepat dan responsif. Pada home misalnya, pengguna tak perlu repot mencari aplikasi Google Now, cukup menggeser layar ke kiri maka sejumlah informasi seperti cuaca dan kondisi jalan bisa langsung diakses.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memerintahkan Nexus 5 untuk menjalankan fungsi pencarian melalui perintah suara. Selain itu, platform mobile baru Google ini juga membawa pembaruan lain seperti menyatukan SMS dengan Google Hangouts dan fitur print dokumen langsung melalui Nexus 5.

Performa Nexus 5 cukup responsif dengan menggunakan Google Experian Launcher. Perangkat memiliki dock aplikasi pada bagian atas yang memberikan notifikasi pesan, email, dan ketersediaan pembaruan aplikasi. Google menyisipkan menu Location pada bagian Widget Setting, jika dipilih maka akan muncul halaman dengan informasi layanan apa yang mengaskes lokasi pengguna.