Mengenal Nahkoda Baru Microsoft

Andina Librianty, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2014 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 05 363 936378 T6Wf15Ub70.jpg Satya Nadella (Foto: Ist)

CALIFORNIA - Satya Nadella diangkat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Microsoft pada 4 Februari, menggantikan Steve Ballmer. Pria India ini bukan pendatang baru dalam keluarga besar Microsoft, karena telah bergabung sejak 1992.

Sebelum menjadi CEO, Nadella adalah Executive Vice President group Enterprise dan Cloud Microsoft. Ia bertanggung jawab untuk membangun dan menjalankan platform komputasi Microsoft, tool-tool developer, dan layanan cloud.

Sebagai CEO kerajaan software, sejumlah informasi mengenai sosok pria berkacama ini meramaikan dunia maya. Okezone mengutip berbagai sumber, akan membahas secara singkat profil pria kelahiran Hyderabad, India, 46 tahun silam ini.

Nadella saat ini tinggal di Bellevue, Washington, Amerika Serikat (AS). Menurut keterangan Microsoft, ia meraih gelar sarjana di bidang teknik listrik dari Mangalore University, gelar master dalam ilmu komputer dari University of Wisconsin - Milwaukee, dan gelar master dalam administrasi bisnis dari University of Chicago.

Pria yang hobi bermain kriket ini telah memiliki tiga anak dari Anupama Nadella. "Saya pikir bermain kriket mengajari saya lebih banyak tentang bekerja dalam tim dan kepemimpinan yang saya lalui sepanjang karir saya," tuturnya suatu ketika.

Dunia teknologi telah lama menarik perhatian Nadella dan tahu bahwa ilmu komputer adalah hal yang ingin ia raih. "Ini adalah jalan yang baik bagi saya untuk menemukan hal yang ternyata membuat saya menjadi bersemangat," kata Nadella.

Sebelum bergabung dengan Microsoft, Nadell bekerja dengan Sun Microsystems sebagai anggota staf teknologi. Di Microsoft, Nadella pernah bekerja sebagai Senior Vice President untuk Research and Development (R&D) untuk Divisi Layanan Online dan Vice President Divisi Bisnis.

Rekam jejak Nadella sebelum menjabat sebagai CEO di Microsoft adalah:

- President Server & Tools (9 Februari 2011 - Februari 2014)

- Senior Vice President R&D untuk Divisi Layanan Online (Maret 2007 - Februari 2011)

- Vice President Divisi Bisnis Microsoft

- Corporate Vice President untuk grup Platform Iklan, Pencarian dan Solusi Bisnis

- Executive Vice President untuk grup Enterprise dan Cloud

Kemudian pada 4 Februari 2014, penggemar puisi Amerika dan India ini diumumkan sebagai CEO baru Microsoft. Ia merupakan CEO ketiga dalam sejarah raksasa software tersebut.

(adl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini