Ini Aplikasi Pencari Wi-Fi Gratis

Ramadhan Aditya, Jurnalis · Senin 17 Februari 2014 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 02 16 325 941692 46rIWruJs3.jpg Screenshot.

TOKYO - Penggunaan Wi-Fi gratis dalam berinternet, tak dapat dipungkiri sebagai fasilitas yang paling digemari dan paling dicari oleh setiap pengguna internet. Mendukung antusiasme tersebut, perusahaan pemetaan asal Jepang menciptakan aplikasi untuk mencari spot Wi-Fi gratis.

Ya, kendati pun sudah memiliki paket data dari operator telekomunikasi, tak jarang seseorang memindahkan koneksi internet dengan menggunakan Wi-Fi. Selain gratis, penggunaan data dalam jumlah besar untuk mengunduh berbagai macam aplikasi atau video bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan uang.

Pengembang aplikasi pemetaan buatan Jepang bernama Navitime, jeli melihat fenomena ini dan membuat aplikasi yang dikhususkan bagi para pemburu Wi-Fi gratis. Karena satu-satunya masalah bagi pengguna internet gratisan, atau yang kerap berinternet menggunakan Wi-Fi, adalah mencari hot-spot tersebut.

Oleh karena itu, aplikasi Navitime Japan menghadirkan fitur Free WiFi Spot Search yang menjadi jawaban bagi para pemburu Wi-Fi ini. Fitur aplikasi ini dapat berfungsi dalam mode offline karena aplikasi tersebut menggunakan fungsi GPS di perangkat mobile pengguna untuk mencari titik Wi-Fi terdekat.

Ketika pengguna mengaktifkan fitur Free WiFi Spot Search, aplikasi akan memerlihatkan daftar tempat WiFi gratis dalam radius lebih dari 500 meter. Lebih lagi, pengguna juga bisa menggunakan Augmented Reality (AR) Mode untuk melihat lokasi titik Wi-Fi lebih nyata.

Pemilik ponsel hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke sekelilingnya, dan aplikasi tersebut akan menunjukkan di mana letak Wi-Fi gratis berada melalui layar ponsel.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di aplikasi Apple App Store dan Google Play Store. Namun sayangnya, aplikasi pemetaan ini hanya tersedia untuk negara Jepang. Yang bertujuan untuk memudahkan turis mancanegara saat berkunjung ke Jepang. Aplikasi Navitime for Japan Travel ini dapat menunjukkan 50 ribu titik Wi-Fi gratis. Demikian seperti dilansir Ubergizmo, Senin (17/2/2014).

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini