OS Windows Gratis dari Microsoft Dipenuhi Iklan

Ramadhan Aditya, Jurnalis · Senin 03 Maret 2014 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 03 325 949110 PHQj3erziU.jpg Windows 8.1. (foto: Ramadhan Aditya/Okezone)

REDMOND -  Perusahaan raksasa piranti lunak, Microsoft, dirumorkan akan merilis sistem operasi Windows yang gratis tanpa dipungut bayaran sepeser pun. Namun rumor tersebut kini sudah mendekati kenyataan.

Laporan dari Softpedia, Senin (3/3/2014), mengabarkan bahwa Microsoft benar-benar akan merilis produk sistem operasi Windows 8 yang dijual tanpa harga, alias gratis. OS gratisan dari Microsoft ini dikenal juga dengan Windows 8.1 with Bing.

Kendati pun gratis, Microsoft masih tetap bisa meraup uang dari para pengguna OS Windows tak berbayar ini. Sistemnya, Windows 8.1 ini akan dipenuhi dengan iklan produk Bing di berbagai tempat.

Tak hanya Bing, iklan juga berseliweran di berbagai sudut komputer. Control panel, di berbagai software seperti Microsoft Office, Media Player, Control Panle, dan di Start Screen.

Microsoft akan mendapat uang di setiap satu iklan yang di-klik oleh pengguna. Jangan bilang pengguna pasti enggan meng-klik tautan iklan yang ada.

Karena Microsoft memiliki trik sendiri agar pengguna tetap bisa menyentuh tautan iklan tersebut. Berdasar laporan Softpedia, 99 persen pengguna akan meng-klik iklan secara tidak sengaja. Dan itu terjadi berkali-kali.

Konsep seperti disebutkan sudah dilakukan oleh beberapa manufaktur komputer dan laptop yang diberikan OS Windows gratis.

Memang, sistem operasi Windows 8 dibanderol dengan harga tinggi. Berkisar di angka Rp2 jutaan. Selama ini untuk mendapat OS gratisan, para pengguna komputer kerap mengakalinya dengan menggunakan OS bajakan yang sudah dimanipulasi oleh hacker.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini