Panasonic Perkenalkan Lampu "Petromaks" Modern Bertenaga Matahari

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 05 Maret 2014 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 05 324 950411 GStawTNqhl.jpg Lampu LED Panasonic (Foto: Amril/Okezone)

SUMBA TIMUR - PT. Panasonic Gobel Indonesia hari ini, memperkenalkan lampu solusi alternatif penerangan yang menggunakan tenaga matahari.

Perkenalan lampu yang dinamakan Solar Lantern BG-BL03 ini memiiliki banyak manfaat, diantaranya untuk penerangan saat mati lampu, atau untuk masyarakat pedesaan yang belum terjamah lampu, seperti di wilayah Kahaung Eti, Sumba Timur, Nusa Tenggar Timur, Rabu (5/3/2014).

Halhisa Okuda, Global Operation Manager mengatakan, Solar lantern Panasonic menghadirkan sumber penerangan yang bersih dan aman, sekaligus sebagai sumber pengisian daya bagi masyarakat Indonesia yang memiliki keterbatasan listrik.

"Di wilayah sini benar-benar tidak ada listrik, dari seluruh yang ada di Indonesia, ini yang terparah. Karena itu, Panasonic sengaja mengambil contoh di dusun sini (Kahaung Eti, NTT)," kata Okuda menjawab pertanyaan Okezone.

Menurut Okuda, lampu gantung bertenaga matahari ini sangat cock bagi wilayah-wilayah yang tak terjangkau listrik. Ini dapat digunakan sehari-hari dengan tingkat penerangan hingga 360 derajat yag menggunakan lampu jenis LED.

"Daya tahan penerangan lampu ini dapat menerangi mulai 6-90 jam, tentunya bila di charge ke matahari hingga full," jelasnya.

Seperti diketahui, peluncuran lampu Solar Lantern BG-BL03 ini dibarengi dengan pembagian 700 lampu di dusun-dusun terpencil di NTT, di empat desa.

Selain Indonesia, dua negara lain yang juga mendapat bantuan lampu penerang dari Panasonic adalah Myanmar dan India.

Di Indonesia, lampu LED penerang bertenaga matahari ini akan dipasarkan ke Indonesia bagian Timur yang memang minim akses penerangan. Tetapi, di Jakarta sudah masuk dengan kisaran harga Rp450 ribu.

(adl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini