Panasonic Dukung Pemerintah Terangi Wilayah Minim Listrik

Amril Amarullah, Jurnalis · Jum'at 07 Maret 2014 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2014 03 07 324 951310 ef5AGK2ddv.jpg Panasonic saat memberikan bantuan ke wilayah tanpa listrik di NTT (foto: Amril/Okezone)

SUMBA TIMUR – PT. Panasonic Gobel Indonesia berupaya membantu wilayah-wilayah di Indonesia yang mengalami krisis listrik bahkan tidak ada aliran listrik sama sekali. Kegiatan global yang merupakan bagian dari CSR Panasonic Internasional ini, juga sebagai bentuk mendukung program pemerintah dalam hal memberikan penerangan kepada wilayah pedalaman.

Salah satunya, di dusun Kahaungu Eti, Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Panasonic memberikan 700 lampu Solar Lantern. Ada empat dusun yang menerima bantuan lampu bertenaga matahari itu. Selain Indonesia, dua negara lain yang juga mendapat bantuan yakni, India dan Myanmar.

“Lampu ini menggunakan tenaga matahari, sehingga warga tidak kesulitan ketika akan menyalakan lampu. Bila daya sudah habis, mereka cukup menjemur alat tersebut di bawah matahari, dijamin malam harinya mereka tidak akan kegelapan,” tutur Muara Makarim, Corporate Communication Manager PT Panasonic Gobel Indonesia kepada Okezone, Kamis (7/3/2014).

Menurutnya, wilayah tersebut adalah yang terparah di Indonesia yang tidak terjangkau listrik, sehingga Panasonic tidak salah memilih wilayah tersebut sebagai target perusahaan. “Kami sudah melakukan survei di sejumlah wilayah di Indonesia, dan ini (NTT) yang terparah,” jelasnya lagi.

Ke depan, Panasonic tengah melakukan penjajakan di wilayah Indonesia timur lainnya, seperti di Papua, tetapi masih dalam tahap penjajakan. “Untuk Papua belum final, kita masih menjajaki wilayah tersebut, apakah memang separah di NTT,”

Menurut Muara, masyarakat dusun Kahaungu Eti, Sumba Timur itu sehari-harinya hidup dalam kegelapan, sama sekali tidak terjangkau listrik. Perjalanan menuju desa itu dari pusat kota di tempuh dalam waktu 4 jam.

Lebih jauh, Muara menginformasikan bahwa untuk mendukung program ini, Panasonic Corporation juga menginisiasi program “Cut Out the Darkness”, yakni sebuah program yang menghadirkan berbagai desain cover solar lantern bagi masyarakat di wilayah dengan keterbatasan listrik.

“Panasonic menggunakan Facebook untuk mengundang pakar kreatif mengirimkan dan memilih desain cover terbaik, dan Indonesia mendapat kehormatan dengan menerima 111 cover solar lantern khusus, yang akan digunakan oleh masyarakat di Pulau Sumba," ujarnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini